Search

Dituduh Melakukan kejahatan, Seorang Turis Jepang Diusir dari Korea Utara

Liputan6.com, Pyongyang - Pemerintah Korea Utara memutuskan untuk mengusir seorang pria Jepang yang dituduh melakukan kejahatan saat berkunjung ke Pyongyang dengan visa turis, demikian dikabarkan corong media rezim Kim Jong-un.

Pria itu, Tomoyuki Sugimoto, telah ditahan di Korea Utara untuk kepentingan penyelidikan atas dugaan "pelanggaran hukum". Namun, tidak disebut secara rinci apa kesalahan yang dilakukan tersangka. 

Pihak berwenang Korea Utara pun memutuskanuntuk mengusir tersangka 'atas prinsip kemanusiaan'.

Kantor berita nasional Jepang Kyodo melaporkan sebelumnya bahwa seorang videografer Jepang diduga telah ditahan di Korea Utara setelah merekam cuplikan dari sebuah fasilitas militer di Nampo, sebuah kota pelabuhan di selatan Pyongyang, demikian sebagaimana dikutip dari New York Times pada Senin (27/8/2018).

Jepang dan Korea Utara menemui kebuntuan panjang terkait permintaan Tokyo untuk mengembalikan warganya yang diculik pihak Korut pada periode antara 1970-an an dan 1980-an.

Sementara itu, Korea Utara memiliki sejarah menahan orang asing yang dituduh melakukan "kejahatan terhadap negara", dan melepaskan mereka hanya setelah pejabat tinggi negara terkait mengunjungi Pyongyang untuk melobi kebebasan mereka.

Sebelumnya, Korea Utara membebaskan tiga orang warga Korea keturunan Amerika, termasuk satu orang yang dijatuhi hukuman 10 tahun kerja paksa atas tuduhan spionase, ketika Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengunjungi Pyongyang pada bulan Mei 2018.

Awal bulan ini, Pyongyang membebaskan seorang warga Korea Selatan yang telah ditahan sejak bulan Juli.

Pembebasan itu terjadi di tengah mencairnya tensi politik di Semenanjung Korea, yang dimulai awal tahun ketika Kim Jong-un, memulai negosiasi dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, untuk meningkatkan hubungan diplomasi dan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Simak video pilihan berikut: 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2NlpANt

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dituduh Melakukan kejahatan, Seorang Turis Jepang Diusir dari Korea Utara"

Post a Comment

Powered by Blogger.