Search

Jet Tempurnya Dicegat Angkatan Udara Inggris di Laut Hitam, Rusia Marah

Liputan6.com, Moskow - Pemerintah Rusia menuduh Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) melakukan interupsi "berbahaya" dari pesawat militernya di atas Laut Hitam, yang ditudingnya sebagai rancangan untuk memprovokasi Moskow.

RAF diketahui mencegat sebuah pesawat patroli maritim Rusia di Laut Hitam pada Jumat 24 Agustus, setelah sebelumnya melakukan hal serupa pada jet tempur Negeri Beruang Merah pada Rabu pekan lalu di lokasi yang juga sama.

Kedutaan Besar Rusia di London bertanya: "... ancaman macam apa (yang membuat) Inggris atau sekutu-sekutunya melakukan patroli terhadap pesawat kami, yang secara hipotetis, terbang dari pantai Rusia, sekitar 1.500 mil jauhnya dari Inggris?"

Dikutip dari Independent.co.uk pada Senin (27/8/2018), pemerintah Rusia sangat menyesalkan tindakan Inggris, dan menilainya sebagai penghinaan terhadap batas kedaulatan Rusia, yang sebagaimana diketahui, berada paling dekat dengan Laut Hitam.

Di lain pihak, RAF sengaja mempertahankan kehadirannya di tengah negara-negara Baltik, dan juga di Rumania, untuk menghalangi potensi tindakan militer Rusia setelah aneksasi Semenanjung Krimea dari Ukraina pada 2014 lalu.

Tiga negara yang berbatasan langsung dengan Laut Hitam, yakni Rumania, Bulgaria, dan Turki, diketahui merupakan sekutu NATO dan juga mitra loyal Inggris di Eropa Timur.

Moskow mengatakan, aktivitasnya di wilayah Laut Hitam adalah bentuk kegiatan rutin, dan sesuai dengan hukum internasional.

Banyak pengamat mengatakan bahwa hubungan antara London dan Moskow semakin memburuk setelah insiden racun saraf Novichok pada mantan agen ganda Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya, Yulia, di distrik Salisbury, London.

Inggris menuduh Rusia sebagai pihak yang paling bertanggung jawa atas serangan tersebut, namun ditolak tegas oleh Moskow, yang menyebutnya sebagai omong kosong.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Simak video pilihan berikut: 

Presiden Rusia Vladmir Putin menghadiri pernikahan Menteri Luar Negeri Austria Karin Kneissl. Pada kesempatan tersebut Putin memamerkan kemampuan berdansanya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2BMKxzs

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jet Tempurnya Dicegat Angkatan Udara Inggris di Laut Hitam, Rusia Marah"

Post a Comment

Powered by Blogger.