Search

Rusia Berencana Gelar Latihan Perang Terbesar Sejak Runtuhnya Uni Soviet

Liputan6.com, Moskow - Pemerintah Rusia disebut akan menggelar latihan perang terbesar pasca-runtuhnya Uni Soviet lebih dari dua dekade silam, demikian menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Amerika Serikat pada Senin, 20 Agustus 2018.

Ditambahkan oleh pernyataan dari Moskow dan Beijing, ribuan tentara dari China dan Mongolia dikabarkan akan bergabung dalam latihan di Siberia, yang dijuluki Vostok 2018.

Dikutip dari CNN pada Selasa (21/8/2018), latihan perang itu akan memiliki "skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, baik dari segi wilayah dan jumlah pasukan yang terlibat", demikian seperti dinyatakan oleh panglima tertinggi angkatan bersenjata Rusia, Jenderal Sergi Shoigu.

Shoigu mengatakan latihan itu akan menjadi "peristiwa terbesar sejak manuver Zapad-81," yang melibatkan sebanyak 150.000 pasukan, demikian menurut dokumen CIA.

Menurut pengamatan beberpaa ahli militer, jika Vostok 2018 sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Shoigu, maka kemungkinan akan lebih besar dari latihan Kremlin di Vostok 2014.

Kala itu, latihan melibatkan 155.000 pasukan, 8.000 peralatan, lebih dari 600 pesawat dan 80 kapal angkatan laut.

Adapun kontribusi China pada latihan ini diperkirakan berbentuk pengiriman 3.200 tentara, 900 senjata, dan 30 pesawat dan helikopter, yang akan dikerahkan pada 11 hingga 15 September di distrik latihan Tsugol di Rusia, dekat tempat perbatasan China dan Mongolia.

"Latihan ini tidak ditujukan kepada pihak ketiga dan akan fokus pada manuver pertahanan, serangan senjata dan serangan balik," jelas Kementerian Pertahanan China dalam sebuah pernyataan.

Di lain pihak, jadwal pelaksanaan latihan perang tersebut disebut tumpang tindih dengan Forum Ekonomi Timur yang disponsori Rusia di Vladivostok.

Presiden China Xi Jinping adalah salah satu pemimpin yang diharapkan menghadiri acara tahunan tersebut, yang diselenggarakan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Simak video pilihan berikut: 

Parade ini digelar untuk memperingati 71 tahun kemenangan atas NAZI di Perang Dunia II.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2OY4kOh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rusia Berencana Gelar Latihan Perang Terbesar Sejak Runtuhnya Uni Soviet"

Post a Comment

Powered by Blogger.