Search

Serangan Mortir Menghantui Afghanistan Selama Idul Adha, Ulah ISIS?

Liputan6.com, Kabul - Kantor Berita ISIS, Amaq, pada hari Selasa 21 Agustus 2018 mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bahwa mereka bertanggung jawab atas serangan mortir di Istana Kepresidenan Afghanistan.

Rentetan roket menghantam ibu kota Kabul, tepat ketika Presiden Ashraf Ghani sedang menyampaikan pidatonya di tangah perayaan Idul Adha 1439H yang disiarkan langsung di sebuah stasiun televisi. Satu roket berhasil mendarat di dekat istana, dalam zona hijau.

Polisi di Afghanistan mengatakan, kelompok yang terdiri dari lima orang meledakkan diri saat bersembunyi di belakang Masjid Eidgah, sebelum menembakkan beberapa roket ke berbagai penjuru kota.

Satu sumber keamanan menyebut, setidaknya 10 roket diluncurkan, tetapi media lokal melaporkan ada lebih banyak lagi. Sedangkan empat dari lima pelaku bom bunuh diri tersebut tewas.

Ketika Ashraf Ghani itu tengah berpidato, serangan roket tiba-tiba muncul menuju sisi utara dan barat laut Istana Kepresidenan. Suaranya terdengar hingga seluruh kota Kabul.

Selama siaran berlangsung, Presiden Ashraf Ghani dengan tenang mengakui adanya ancaman kekerasan. Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah Afghanistan mengharapkan kesepakatan gencatan senjata dengan Taliban selama momentum Idul Adha kali ini.

"Kami mengumumkan gencatan senjata, memberikan kesempatan dialog antar pihak," katanya. "Tapi semua pihak paham, ada beberapa kelompok dan individu yang merancang plot pertumpahan darah, mereka mengklaim akan melakukan sesuatu pada hari ini, tindakan yang akan membahayakan ketenangan rakyat."

"Jika mereka percaya dapat menaklukkan bangsa ini dengan serangan roket, mereka harus berpikir ulang," lanjutnya tegas.

Di lain pihak, Taliban menyatakan bahwa serangan itu tidak ada kaitannya dengan mereka.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Taliban menembakkan beberapa roket ke dekat istana kepresidenan Afghanistan, ketika presiden Ashraf Ghani berpidato untuk menyambut hari raya Idul Adha.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2LiGhas

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serangan Mortir Menghantui Afghanistan Selama Idul Adha, Ulah ISIS?"

Post a Comment

Powered by Blogger.