Search

Spekulasi di Balik Jatuhnya Harga Udang Rebon di Cilacap

Ia menyebut, penurunan harga disebabkan oleh permainan pengepul atau tengkulak yang menyuplai ke pengusaha pengeringan rebon atau eksportir. Mereka membeli udang rebon nelayan di bawah harga pasar.

"Kemarin memang ada sedikit permainan dari pengepul atau pemilik lapak. Makanya, kemarin kan nelayan sempat ada sehari tidak melaut, hari kemarin," ucapnya, Jumat, 24 Agustus 2018.

Karenanya, KUD Mino Saroyo mempertemukan nelayan dengan eksportir dan pengusaha pengeringan udang ove., Diperoleh kesepakatan, harga rebon besar minimal Rp 30 ribu, harga udang sedang Rp 15 ribu, dan udang rebon kecil Rp 6.000,- per kilogram.

"Langsung nelayan kami pertemukan dengan pengusaha udang rebon yang oven. Yang investornya dari China. Alhamdulillah, kemarin ada kesepakatan harga terendah, yang besar itu Rp 30 ribu, yang sedang atau Demere Rp 15 ribu," dia menjelaskan kepada Liputan6.com.

Menurut dia harga ini adalah harga terendah saat bukaan lelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Harga akan naik seiring berlangsungnya tawaran dalam lelang terbuka. Usai kesepakatan itu, nelayan pun kembali melaut.

Meski berlimpah, Untung bahkan menyebut hasil tangkapan udang rebon nelayan Cilacap belum memenuhi kuota oven para pengusaha pengeringan. Dalam sehari, nelayan Cilacap mampu menangkap sekitar 100 ton udang rebon campuran.

Sebab itu, dalam pertemuan itu diperoleh kesepakatan udang luar daerah bisa masuk ke Cilacap. Dengan begitu, kuota produksi pengusaha pengeringan pun terpenuhi.

Soal isu pengusaha China yang membuat harga udang rebon jatuh, Untung juga membantah. Bahkan, menurut dia, masuknya investor Tiongkok memicu kenaikan harga udang rebon.

"Kalau dulu saat belum ada pengusaha oven investor China, yang ekspor, harga udang rebon kecil paling harganya Rp 1.000 per kilogram, bahkan pernah Rp 500 per kilogram. Sekarang minimal Rp 6.000," dia mengungkapkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2PxClWN

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Spekulasi di Balik Jatuhnya Harga Udang Rebon di Cilacap"

Post a Comment

Powered by Blogger.