Search

5 Fakta Menarik Tentang Indonesia di Mata Orang Asing

Indonesia adalah satu-satunya tempat di dunia yang bisa membawa pelancong untuk melihat Komodo di alam liar. Dua pulau paling populer untuk melihat Komodo adalah Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Kedua pulau tersebut berada di taman nasional dan merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur --antara Flores dan Sumbawa.

Meskipun terkenal akan keganasannya, Komodo terdaftar sebagai hewan yang terancam punah dan masuk dalam Red List IUCN. Selama beberapa dekade, air liur Komodo --yang mengandung bakteri mematikan-- dianggap sebagai senjata ampuh untuk melumpuhkan --bahkan membunuh-- musuh atau predator lainnya. Pada 2009, para peneliti menemukan kelenjar racun di dalam tubuh Komodo.

Pada 2017, seorang turis Singapura diserang dan selamat dari gigitan Komodo yang menyerang kaki pria itu. Ironisnya, banyak ular kobra berkeliaran yang juga hidup di dua pulau tersebut.

Selain Komodo, Indonesia juga merupakan rumah bagi Orangutan. Sumatra dan Kalimantan adalah satu-satunya tempat di dunia yang menjadi habitat liar satwa tersebut.

Wilayah yang paling sering dijumpai Orangutan adalah Taman Nasional Gunung Leuser di dekat Desa Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2DhGXyh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Fakta Menarik Tentang Indonesia di Mata Orang Asing"

Post a Comment

Powered by Blogger.