Search

Api Melahap Habis Museum Nasional Berusia 200 Tahun di Brasil

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Kobaran api besar melahap sebagian besar bangunan Museum Nasional Brasil yang berusia 200 tahun di Rio De Janeiro pada Minggu 2 September, tengah malam

Hingga berita ini diturunkan, sisa api disebut masih terlihat di beberapa bagian bangunan lembaga ilmiah tertua di Brasil itu. Petugas pemadam kebakaran berupaya sekuat tenaga mengendalikan api yang mengancam lebih dari 20 juta koleksi barang ilmiah.

Dikutip dari BBC pada Senin (3/9/2018), belum jelas apakah ada yang terluka dalam kebakaran tersebut. Museum, yang dulunya berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan Portugis, merayakan peringatan 200 tahun awal tahun ini.

Foto dan video yang disiarkan di televisi Brasil menunjukkan bagaimana api, yang diyakini mulai berobar setelah fasilitas ilmiah publik itu tutup, tampak menyebar ke seluruh bangunan gedung. Penyebab kebakaran belum diketahui.

Presiden Brasil Michel Temer meng-twit bahwa kebakaran itu adalah "hari yang menyedihkan bagi semua orang Brasil", dan menambahkan: "Nilai sejarah kita tidak dapat diukur oleh kerusakan pada bangunan."

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Brasil Globo, direktur museum menyebut kebakaran tersebut sebagai tragedi budaya.

Museum ini menyimpan ribuan barang yang berkaitan dengan sejarah Brasil dan negara-negara lain termasuk artefak Mesir, menurut situs webnya.

Koleksi sejarah alaminya termasuk tulang dinosaurus yang penting dan kerangka manusia berusia 12.000 tahun dari seorang wanita, yang tertua yang pernah ditemukan di benua Amerika.

Simak video pilihan berikut:

Berfoto di Gunung Pedra da Gavea yang memiliki tinggi mencapai 841 meter di atas permukaan laut, tampaknya menjadi tren di Brasil. Demi gambar yang sempurna, sebagian orang menempuhnya dengan aksi yang berbahaya, seperti yang dilakukan pria ini.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2CbgbXJ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Api Melahap Habis Museum Nasional Berusia 200 Tahun di Brasil"

Post a Comment

Powered by Blogger.