Search

Awan Bunga Kol Muncul di Langit, Angin Pancaroba Hantam Banyumas

Lantaran terjangan angin kencang terjadi sore hari, penanganan tak bisa dilakukan maksimal. Petugas dan relawan untuk sementara baru mendata dan membersihkan dan menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa kabel jaringan listrik dan rumah penduduk.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pos Pengamatan Cilacap, Rendy Krisnawan mengungkapkan, saat ini wilayah Jawa Tengah bagian selatan, terutama Banyumas dan Cilacap sudah memasuki musim pancaroba.

Di beberapa wilayah, hujan telah turun dengan intensitas ringan hingga sedang dan bersifat lokal. Sebab, September hingga Oktober nanti, Jawa Tengah bagian selatan tengah memasuki musim transisi dari kemarau ke musim penghujan.

Salah satu yang perlu diwaspadai pada musim pancaroba adalah cuaca ekstrem yang bisa memicu hujan deras disertai angin kencang. Di musim peralihan ini potensi munculnya puting beliung juga tinggi.

"Biasanya hujan disertai angin kencang dan petir terjadi sore hingga malam hari," ucap Rendy.

Dia mengungkapkan, puting beliung biasanya diawali cuaca cerah atau cerah berawan dari pagi hingga siang hari. Mendadak menjelang sore, cuaca berubah secara ekstrem.

Saat itu akan muncul gumpalan-gumpalan awan berwarna kehitaman. Beberapa saat kemudian, gumpalan awan ini akan terkonsetrasi dan membentuk gumpalan besar. Awan ini disebut sebagai awan cumulonimbus. Bentuknya menyerupai bunga kol.

"Munculnya awan cumulonimbus adalah pertanda sebelum munculnya puting beliung," Rendy menjelaskan.

Dia memperkirakan, pancaroba akan berlangsung hingga akhir Oktober atau awal Novomber. Sebab itu, ia meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem ini.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memangkas dahan pohon yang terlalu rimbun di dekat permukiman. Dengan demikian, saat terjadi terjangan angin kencang, pohon cukup kokoh dan tak membahayakan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2DjR9Gc

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Awan Bunga Kol Muncul di Langit, Angin Pancaroba Hantam Banyumas"

Post a Comment

Powered by Blogger.