Search

Donald Trump Puji Korea Utara Lantaran Tak Pamer Rudal Nuklir Saat Parade HUT ke-70

Itu adalah pawai militer Korea Utara yang pertama sejak Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump mengadakan pertemuan puncak bersejarah mereka pada bulan Juni 2018 di Singapura.

Namun upaya Kim Jong-un untuk meredakan ketegangan dengan Trump telah terhenti sejak KTT tiga bulan lalu. Kedua belah pihak sekarang mengalami kemunduran, dengan sejumlah laporan menyebut bahwa masing-masing pemimpin kembali 'mengepalkan tinju' mereka lagi, seperti pada tahun 2017.

Washington mendesak Kim Jong-un untuk menyegerakan denuklirisasi, seperti yang disepakatinya dengan Donald Trump di Singapura pada Juni 2018. Namun, sebelum mencapai hal itu, Pyongyang telah mendesak AS untuk memberikan imbalan atau balas jasa terlebih dahulu, dalam bentuk peringanan sanksi, demiliterisasi di Semenanjung, dan secara resmi mengakhiri Perang Korea 1950-53 (yang hanya berakhir dengan status gencatan senjata).

Korea Utara mungkin ingin menahan diri untuk tidak memasukkan ICBM-nya dalam pawai untuk menghindari iritasi Amerika Serikat, kata satu sumber diplomatik, demikian seperti dikutip dari The South China Morning Post.

Hal tersebut adalah sebuah anomali, karena, pada sebah parade Februari 2018 jelang Olimpiade Musim Dingin PyeongChang di Korea Selatan, Pyongyang menampilkan apa yang tampak sebagai ICBM seperti Hwasong-15, rudal balistik yang mampu mengirimkan hulu ledak nuklir ke kota mana pun di daratan AS.

Sementara itu, dalam pembicaraan dengan utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada hari Rabu 29 Agustus 2018 di Pyongyang, Kim Jong-un menegaskan kembali komitmennya untuk mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea, pihak Istana Kepresidenan Korea Selatan melaporkan.

Kim Jong-un baru-baru ini berjanji untuk meningkatkan ekonomi negara bukannya mengembangkan senjata nuklir dan rudal balistik.

Korea Utara juga telah setuju untuk mengadakan pertemuan puncak antara Moon Jae-in dan Kim Jong-un di Pyongyang pada 18-20 September, kata pemerintah Korea Selatan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2CPxi1J

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Donald Trump Puji Korea Utara Lantaran Tak Pamer Rudal Nuklir Saat Parade HUT ke-70"

Post a Comment

Powered by Blogger.