Search

Inspirasi Gedung Terkenal Singapura... Ini 7 Hal yang Tak Banyak Diketahui Soal Durian

Liputan6.com, Jakarta - Durian (Durio zibethinus) adalah tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia, banyak orang yang menggemari buah ini, namun sebagian besar orang membencinya karena aroma yang ditimbulkan oleh "Raja Dari Segala Buah" atau King of Fruit ini sangat menyengat.

Nama durian diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam, sehingga menyerupai duri.

Durian adalah buah yang kontroversial. Banyak aturan di bandara internasional, tempat umum di beberapa negara hingga transportasi umum yang melarang orang membawa durian karena aromanya.

Namun tahukah Anda bahwa durian tidak selamanya buruk? Di Singapura, ada sebuah gedung megah dan ternama yang arsitekturnya terinspirasi dari durian. Bangunan yang dimaksud adalah Esplanade Theatres.

Esplanade Theatres --atau juga dikenal sebagai Theatres on the Bay-- adalah pusat seni pertunjukan yang terletak di Downtown Core, dekat muara Sungai Singapura. Esplanade Theatres terdiri dari ruang konser yang mampu menampung sekitar 1.600 orang dan ruang teater dengan kapasitas sekitar 2.000 orang.

Esplanade Theatres atau juga dikenal sebagai Theatres on the Bay. (Wikipedia/Creative Commons)

Desain bangunan ini adalah hasil kolaborasi dua perusahaan arsitektur, yakni DP Architects (DPA) dari Singapura dan Michael Wilford & Partners (MWP) yang berbasis di London, meskipun proyek tersebut sempat mangkir pada Mei 1995.

Desainnya terdiri dari dua bingkai bundar yang dilengkapi dengan elemen kaca triangulasi dan kerai (payung penahan sinar mentari), sehingga bisa menyeimbangkan pemandangan di luar dengan bayangan matahari.

Desain asli --yang dipresentasikan kepada publik pada tahun 1994-- terdiri dari kaca-kaca polos tanpa hiasan di atas teater. Awalnya, desain ini menimbulkan kritik dari berbagai kalangan, sebab dianggap tidak sensitif terhadap lokasi dan iklim tropis Singapura. Para arsitektur pun dinilai alpa karena telah menciptakan rumah kaca di negara tersebut.

Namun ada hal unik yang dilihat masyarakat terkait struktur bangunan yang mirip dengan durian dan mata seekor lalat. Oleh karena itu, Esplanade Theatres dikenal oleh penduduk setempat sebagai "durian raksasa".

Selain menginspirasi Esplanade Theatres di Singapura, berikut 7 hal tentang buah durian yang tak banyak diketahui orang seperti dikutip dari laman The Culture Trip, Kamis (20/9/2018):

Saksikan video pilihan berikut ini:

Warganet dibuat kagum dengan unggahan dari pengguna instagram @hawinpasti yang menunjukkan sebuah motor dapat mengangkut belasan durian di dalam bagasinya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2DdstPW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Inspirasi Gedung Terkenal Singapura... Ini 7 Hal yang Tak Banyak Diketahui Soal Durian"

Post a Comment

Powered by Blogger.