Search

Penyebar Ajaran Salat Menghadap Timur Masih Bebas Bergerak, Warga Garut Resah

Liputan6.com, Garut - Pasca-putusan Pengadilan Negeri Garut, Jawa Barat yang mewajibkan pemerintah merehabilitasi Sensen Komara bin Bakar Misbah, Rasul palsu, sekaligus pimpinan Negara Islam Indonesia (NII) akibat gangguan jiwa, hingga kini putusan itu belum dilaksanakan.

Ketua MUI Kabupaten Garut KH Sirodjul Munir mengatakan, paska-putusan inkracth atau tetap itu, seharusnya Pemda Garut dan Provinsi Jawa Barat, segera melakukan putusan.

Upaya itu ujar dia, penting untuk menghindari konflik baru di masyarakat, akibat aktifitas Sensen dan pengikutnya yang masih berlangsung. "Sekarang hampir di seluruh kecamatan, pengikut aliran ini terus bertambah," ujarnya, Jumat (21/9/2018).

Sebelumnya, dalam kasus penodaan agama yang mewajibkan pengikutnya shalat menghadap ke arah timur, Pengadilan Negeri Garut telah memutuskan Sensen sakit jiwa dan memutuskan untuk direhabilitasi.

Rasul Sensen, penganut sekaligus penyebar ajaran shalat menghadap timur itu, wajib mendapatkan rehabilitasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dengan anggaran yang dibebankan kepada Pemda Garut dan Provinsi Jawa Barat.

Namun dalam prakteknya, hingga kini putusan itu belum dilaksanakan. Sensen, yang memproklamirkan diri sebagai Presiden Negara Islam Indonesia (NII), masih menghirup udara bebas di kecamatan Caringin, wilayah Garut Selatan.

Tak ayal pengikutnya pun terus bertambah, mereka bahkan secara terang-terangan mulai menampakan diri, melakukan shalat menghadap timur dipimpin langsung sang Nabi palsu. "Ada sekitar 41 orang pengikut Sensen melaksanakan ibadah sesuai kepercayaanya itu," kata dia.

Ceng Munir sapaan akrab Sirojul Munir menyatakan, dengan gerakan terselubungnya itu, ia berharap pemerintah segera melakukan tindakan berupa rehabilitasi dan mengisolasi dengan masyarakat.

"Masyarakat sudah resah, kalau tidak (rehabilitasi) aliran sesat ini akan terus berkembang di Garut," kata dia mengingatkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2xt7SBO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebar Ajaran Salat Menghadap Timur Masih Bebas Bergerak, Warga Garut Resah"

Post a Comment

Powered by Blogger.