Search

PM Israel: Saya Tahu Lokasi Gudang Bom Nuklir Iran

Liputan6.com, New York - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim bahwa negaranya telah mengidentifikasi "gudang atom rahasia" di Teheran, yang berisi peralatan nuklir dan bahan radioaktif.

PM Netanyahu menyerukan sanksi baru terhadap Iran dan menuduh para pemimpin Eropa "pura-pura diam" terhadap temuan itu, karena menentang tindakan Negeri Zionis.

Dalam pidato di Sidang Umum PBB pada hari Kamis, PM Netanyahu mengatakan dia mengungkapkan keberadaan "gudang atom" untuk pertama kalinya di depan publik.

Seperti yang ia lakukan dalam presentasi sebelumnya, Netanyahu membawa alat bantu visual untuk mengilustrasikan klaimnya, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Jumat (28/9/2018).

Sang pemimpin Israel menunjukkan citra satelit, yang menurutnya, mengklaim di mana gudang atom itu berada di Teheran. Ia juga memperlihatkan sebuah foto tentang visual dinding dan gerbang logam tidak mencolok, yang diklai, sebagai bagian luar gudang.

PM Netanyahu menggambarkan fasilitas itu sebagai "gudang atom rahasia untuk menyimpan sejumlah besar peralatan dari program senjata nuklir rahasia Iran", tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Iran sendiri sebelumnya telah menyetujui kesepakatan nuklir pada 2015 dengan imbalan keringanan sanksi. Skemanya dinamai Program Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), yang menuntut pembongkaran sentrifugal kaya uranium dan reaktor pembangkitnya.

Belum diketahui pasti apakah surplus peralatan nuklir yang dituduhkan Israel melanggar kesepakatan JCPOA, karena sejauh ini Iran mematuhi aturan untuk menyimpan potongan sentrifugal di lokasi tertentu di bawah pemantauan internasional.

Adapun tentang penyimpanan bagian perangkat keras tambahan untuk program nuklir, tidak memiliki ketentuan khusus pada kesepakatan JCPOA.

Sejak 2015, lembaga pengawas nuklir, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah berulang kali menyatakan bahwa Iran mematuhi ketentuan-ketentuan JCPOA. Namun Netanyahu mendesak direktur jenderal IAEA, Yukiya Amano, untuk menyelidiki dugaan gudang yang ditemukan oleh intelijen Israel.

"Lakukan hal yang benar. Pergi dan periksa gudang atom ini segera," kata Netanyahu.

Simak video pilihan berikut: 

PM Israel, Benjamin Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada Presiden Trump terkait pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2OZFOgd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PM Israel: Saya Tahu Lokasi Gudang Bom Nuklir Iran"

Post a Comment

Powered by Blogger.