Search

Presiden Suriah Salahkan Israel Atas Jatuhnya Pesawat Militer Rusia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan pada Rabu 19 September, bahwa Israel bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Rusia, yang secara tidak sengaja tertabrak oleh tembakan anti-pesawat militer selama serangan rudal oleh pasukan Zionis, sehari sebelumnya.

Oleh para pengamat, intervesi Presiden Assad dinilai berisiko memprovokasi ketegangan baru, sehari setelah Moskow dan Tel Aviv bergerak untuk mengurangi ancaman konfrontasi militer.

"Insiden yang tidak menguntungkan ini adalah hasil dari arogansi dan kesewenangan Israel," kata pemimpin Suriah itu, mengucapkan belasungkawa dalam sebuah surat kepada timpalannya di Rusia.

"Kami memutuskan bahwa peristiwa tragis seperti itu akan mempengaruhi kita untuk tidak melanjutkan perang melawan terorisme," lanjutnya dalam surat yang diterbitkan oleh kantor berita resmi Sana, sebagaimana dikutip dari Telegraph.co.uk pada kamis (20/9/2018).

Hal yang ironis, menurut pengamat, adalah kenyataan bahwa pesawat militer Rusia itu ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara S-200 --buatan Moskow-- milik Suriah, dan menewaskan 15 orang di dalamnya pada Selasa 18 September.

Militer Rusia menuduh pilot Israel menggunakan pesawat Rusia sebagai alibi, dan menembakkannya dari wilayah pertahanan udara Suriah, di mana pada waktu bersamaan mereka juga melakukan serangan dari arah lain.

Israel menanggapi dengan klaim bahwa pihaknya telah menargetkan fasilitas militer Suriah, di mana sistem manufaktur senjata "akan ditransfer atas nama Iran" kepada kelompok Syiah asal Libanon, Hizbullah.

Simak video pilihan berikut: 

Pasukan pemerintah Suriah pada hari Senin mengumumkan bahwa penguasaan kubu ekstremis telah berakhir di selatan Damaskus, al-Hajar al-Aswad, telah direbut kembali, menandai kontrol penuh militer atas Damaskus.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2pl9PM5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Suriah Salahkan Israel Atas Jatuhnya Pesawat Militer Rusia"

Post a Comment

Powered by Blogger.