Search

Robot Antariksa Jepang Kirim Video Pertama tentang Pemukaan Asteroid Bergerak

Liputan6.com, Tokyo - Dua robot milik badan antariksa pemerintah Jepang, JAXA, telah mengirim kembali rekaman video pertama mereka dari permukaan asteroid yang bergerak, sebagai bagian dari misi perdana untuk mencari tahu asal-usul tata surya.

JAXA merilis klip 15-frame bersama dengan foto-foto baru, beberapa hari setelah pesawat luar angkasa tak berawak Hayabusa2 menyebarkan rover --robot penjelajah tak berawak-- ke permukaan asteroid sejak perjalanannya dari Bumi dimulai tiga setengah tahun lalu.

Misi ini menandai pengamatan robotik bergerak pertama di dunia pada permukaan asteroid, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Jumat (28/9/2018).

Gambar di akun Twitter resmi JAXA, menunjukkan campuran bebatuan dan tambalan yang relatif halus di permukaan asteroid Ryugu, dibingkai oleh langit hitam.

JAXA juga mengunggah foto resolusi tertinggi hingga saat ini di permukaan Ryugu, yang diambil dengan kamera onboard Hayabusa2, saat mendekati asteroid sebagai persiapan untuk melepaskan rover.

Dibantu oleh gravitasi rendah, robot terkait dapat melompat setinggi 15 meter di permukaan asteroid yang berbatu, dan tetap berada di udara selama 15 menit.

Simak video pilihan berikut: 

Semula benda yang dinilai menabrak Jupiter adalah komet. Tapi karena jumlah asteroid lebih banyak, maka diduga kuat objek yang menabrak Jupiter tersebut adalah asteroid.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2zBpMno

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Robot Antariksa Jepang Kirim Video Pertama tentang Pemukaan Asteroid Bergerak"

Post a Comment

Powered by Blogger.