Search

Sekat Bakar, Usaha Bendung Kobaran Api di Hutan Gunung Ciremai Terbakar

Kepala TNGC Kuswandono mengatakan, upaya antisipasi terus dilakukan untuk mencegah api menjalar. Dia mengatakan, salah satu penyebab kebakaran karena faktor cuaca.

"Kita tahu beberapa bulan terakhir cuaca masih saja kemarau dan memang potensi di kawasan hutan gunung Ciremai yang terbuka dan sensitif untuk cepat terbakar," kata dia.

Dari informasi yang didapat, titik hutan kawasan Gunung Ciremai yang terbakar di lokasi Lambosir. Dia mengatakan, informasi kebakaran didapat dari masyarakat sekitar yang menjadi mitra pengelola wisata alam Gunung Ciremai.

Namun, faktor kondisi cuaca yang panas dan angin kencang membuat api cepat merambat ke atas. Hal ini membuat petugas kewalahan menghalau sebaran api.

Tim pun segera mengantisipasi dengan mencegah api merambat ke samping dan kebawah.

"Kami sudah mengirim tim gabungan untuk mencegah dan menetralisir sebaran api. Yang kami kirim ke atas untuk pemadaman," ujar dia.

Dia mengaku masih melakukan identifikasi penyebab utama terjadinya kebakaran di hutan kawasan TNGC. Dugaan sementara, api yang membakar berasal dari luar kawasan Gunung Ciremai.

Dia menyebutkan, Lambosir merupakan areal restorasi penanaman dan pengelolaan masyarakat. Berbatasan dengan perkebunan geger halang.

"Hingga saat ini belum teridentifikasi flora atau fauna habitat Gunung Ciremai yang ikut terbakar. Karena kondisi malam hari, mungkin besok baru kami lanjutkan identifikasi sembari berupaya memadamkan api yang merambat keatas," ujar dia.

Saksikan vidio pilihan berikut ini: 

Gunung Ciremai dikenal sebagai surganya berbagai jenis sayuran

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2MNQIn4

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sekat Bakar, Usaha Bendung Kobaran Api di Hutan Gunung Ciremai Terbakar"

Post a Comment

Powered by Blogger.