Search

Siap Beroperasi pada April 2019, Ini Konsep Unik Bandara Kulon Progo

Taochid menyebutkan bandara baru Kulon Progo ini memakai konsep yang mencirikhaskan DIY. Bangunan terminal bandara berbentuk gunungan dilengkapi dengan ornamen batik Kawung.

"Nanti tidak terlihat dari atas saja tapi dari bawah bisa juga dilihat konsep kawung," katanya.

Ketika bandara ini selesai maka konsep lainnya terlihat di area boarding gate. Akan ada lima boarding gate dengan ornamen khas lokal Kulon Progo terutama lima desa terdampak.

"Jumlahnya lima itu dari lima desa terdampak. Nanti gate satu misalnya pakai ornamen palihan, glagah, di boarding gate nanti dituangkan dalam terminal," katanya.

Konsep lainnya juga mencirikhaskan DIY yaitu ornamen bunga melati. Ornamen bunga melati akan terlihat di salah satu gedung bandara.

"Konsep bunga melati ini ketika cahaya masuk ada pantulan cahaya bentuk melati gitu," katanya.

Setelah bandara baru Kulon Progo beroperasi pada bulan April 2019 mendatang nantinya bandara ini akan berbagi jadwal penerbangan dengan bandara Adisutjipto Yogyakarta.

General Manager AP I untuk Adisutjipto Agus Pandu Purnama mengatakan penerbangan di bandara Adi Sutjipto saat ini mencapai 188 penerbangan.

"Nanti sekitar 30 persennya akan dialihkan ke sini termasuk yang internasional. Jadi Adi Sutjipto lebih ke domestik," katanya.

Menurutnya, kapasitas penumpang bandara Adi Sutjipto mencapai 2 juta penumpang per tahun. Sementara kenyataan yang ada, jumlah penumpangnya sudah mencapai 8 juta orang per tahun.

"Bulan April itu nanti bandara NYIA ini bisa mengalihkan jumlah penumpang ke Yogyakarta. Sehingga di sana jadi berkurang, meski tidak semua berkurang," katanya.

Pandu menjelaskan saat ini bandara Adi Sutjipto sedang menambah kapasitas penumpang dengan menambah bangunan di terminal. Harapannya calon penumpang lebih leluasa di bandara ni.

"Saya sudah menambah gedung lagi di terminal A seluas 700 meter. Ini bisa menambah kapasitas ya yang tadinya dua juta penumpang bisa sampai 4 juta penumpang per tahun," katanya.

Pandu menjelaskan bandara Kulon Progo memang belum beroperasi, tetapi saat ini sudah banyak maskapai dari berbagai negara melihat langsung. Bahkan, beberapa maskapai segera membuat kesepakatan dengan pihak bandara.

"Dari dinas perhubungan Australia sudah menjajaki ke sini beberapa maskapai internasional juga datang. Maskapai dari Timur Tengah juga sudah, salah satunya Dubai. Akhir tahun ini semoga kesepakatannya selesai," katanya.

Simak video pilihan berikut ini:

Wisata ekstrem meluncur di kawasan air terjun kini makin di gandrungi para wisatawan di Yogyakarta.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2PUVykx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siap Beroperasi pada April 2019, Ini Konsep Unik Bandara Kulon Progo"

Post a Comment

Powered by Blogger.