Search

4 Penampakan Dramatis Kota Palu, Sesudah dan Sebelum Gempa-Tsunami

Liputan6.com, Palu - Beberapa hari setelah gempa bumi dan gelombang tsunami menghantam kawasan Sulawesi Tengah, di antaranya ibu kota Palu, muncul gambar dari satelit yang menunjukkan kerusakan akibat musibah tersebut.

Jumlah korban tewas sejauh ini menurut data BPNB mencapai 1.407 orang, namun angka korban dari gempa berkekuatan 7,7 skala Richter itu diperkirakan akan terus bertambah, ketika petugas bantuan berhasil mendatangi tempat-tempat yang sejauh ini belum terjangkau.

Palu menjadi salah satu kota yang paling parah menderita kerusakan, dengan beberapa kawasan pemukiman rata dengan tanah.

Fenomena alam yang disebut likuifaksi, di mana adanya lumpur yang keluar dari dalam tanah, memperparah kerusakan di Palu.

Sebuah desa bernama Petobo mengalami fenomena likuifaksi tersebut sehingga kemudian daerah yang sebelumnya persawahan sekarang berubah menjadi padang lumpur.

Berikut gambar satelit yang memperlihatkan perubahan dramatis sebelum dan sesudah gempa-tsunami di kawasan di Palu Sulawesi, diambil dari foto penginderaan jarak jauh firma Digital Globe yang dilansir The Associated Press, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Rabu (3/10/2018):

Simak video pilihan berikut:

Tim Sar lakukan pencarian korban gempa Palu Donggala secara manual

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Ox0dMx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Penampakan Dramatis Kota Palu, Sesudah dan Sebelum Gempa-Tsunami"

Post a Comment

Powered by Blogger.