Search

5 Eksperimen Psikologi Paling Berbahaya dalam Sejarah Manusia

Pada akhir 1910-an, ilmuwan studi behavioral, John B. Watson sedang mempelajari apakah reaksi emosional dapat dikondisikan pada manusia, dan, apakah itu berpengaruh pada fobia yang diderita oleh sejumlah orang.

Untuk membuktikan penelitian itu, Watson menggunakan subjek penelitian seorang bayi bernama Albert, berusia sembilan bulan.

Albert terpapar serangkaian rangsangan, dengan dihadapkan pada tikus putih, kelinci, monyet, topeng, dan koran terbakar. Awalnya, Albert tidak menunjukkan rasa takut terhadap benda-benda ini.

Kemudian, ketika Albert dipaparkan dengan tikus, Watson membuat suara keras dengan memukul pipa logam dengan palu, lalu Albert menangis.

Setelah berulang kali dipaparkan dengan tikus putih yang diikuti oleh suara keras, Albert mulai menangis begitu dia hanya melihat tikus saja.

Watson melakukan eksperimen berkali-kali hingga ia mengumpulkan cukup data untuk menemukan bahwa tidak hanya bayi itu menangis pada tikus putih, tetapi, juga mulai menangis pada apa pun yang mungkin terlihat seperti tikus, termasuk berbagai benda putih dan berbagai macam benda berbulu (termasuk, pada satu titik, jenggot Santa Claus).

Bahkan, benda-benda yang sebelumnya dimainkan dengannya mulai membuat bayi itu takut, jika mereka memiliki kemiripan dengan tikus (atau jika mereka diserahkan kepadanya oleh seorang pria yang memegang palu).

Yang semakin tak etis dari riset Watson adalah --di samping ia menggunakan bayi sebagai subjek penelitian-- ia tidak repot-repot untuk membuat dekondisi kepada Little Albert di akhir eksperimen, dan tidak diketahui apakah fobia-nya akan hama tikus, suara keras, atau psikolog tetap bersamanya.

Sayangnya, Albert meninggal pada usia enam tahun. Tidak diketahui apakah ibunya, yang dibayar hanya senilai US$ 1 untuk partisipasi Albert, pernah menyadari apa yang peneliti lakukan kepada si jabang bayi.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2PsApBF

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Eksperimen Psikologi Paling Berbahaya dalam Sejarah Manusia"

Post a Comment

Powered by Blogger.