Search

Arab Saudi dan Rusia Meningkatkan Produksi Minyak Secara Diam-Diam

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah laporan media mengatakan bahwa Rusia dan Arab Saudi telah menaikkan produksi minyak secara diam-diam, dengan tujuan mendinginkan harganya di pasar global.

Disebutkan bahwa kedua produsen minyak mentah dunia itu mencapai kata sepakat pada bulan September, dan telah memberitahu Amerika Serikat (AS) tentang hal itu, sebelum pertemuan anggota OPEC di Aljazair, demikian sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia pada Kamis (4/10/2018).

Sebelumnya, Presiden Donald Trump menyalahkan OPEC  atas tingginya harga minyak, dan meminta untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) sebelum pemilihan paruh waktu pada 6 November.

Kesepakatan itu juga menyoroti peran Rusia dan Arab Saudi yang makin sering memutuskan kebijakan produksi minyak secara bilateral, tanpa berkonsultasi dengan anggota OPEC lainnya.

Dalam serangkaian pertemuan, Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih dan Menteri Energi Rusia Alexander Novak setuju untuk menaikkan produksi minyak dari September hingga Desember, menurut para sumber yang tidak diungkap identitasnya.

Harga minyak dunia sekarang sudah merangkak naik di atas US$ 85 (setara Rp 1,2 juta dengan kurs Rp 15.167 per satu dolar ) per barel. 

"Rusia dan Saudi sepakat untuk diam-diam menambah pasokan minyak ke pasar agar tidak terlihat bertindak atas perintah Trump,” kata salah satu sumber.

"Menteri Saudi memberitahu (Menteri Energi AS Rick) Perry bahwa negaranya akan menaikkan peroduksi, bila para konsumen meminta tambahan minyak," kata sumber lain.

Awalnya kedua negara berharap bisa mengumumkan tambahan produksi minyak sebanyak 500 ribu barel per hari.

Namun karena ditentang oleh sebagian anggota OPEC, termasuk Iran yang dikenai sanksi AS, keduanya pun memutuskan untuk menunda keputusan resmi hingga pertemuan besar pada bulan Desember.

Simak video pilihan berikut: 

Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Donald Trump dan sekutunya ingin menghentikan ekspor minyak Iran ke beberapa negara lain.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2zT0v8t

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Arab Saudi dan Rusia Meningkatkan Produksi Minyak Secara Diam-Diam"

Post a Comment

Powered by Blogger.