Search

Atasi Perubahan Iklim Negara Berkembang, PBB Gelontorkan Rp 15,2 Triliun

Liputan6.com, Manama - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dikabarkan telah menyetujui dana lebih dari US$ 1 miliar (setara Rp 15,2 triliun) untuk membiayai 19 proyek baru, dalam membantu negara-negara berkembang mengatasi perubahan iklim.

Dalam pertemuan empat hari di Bahrain yang berakhir Sabtu 20 Oktober malam, para pejabat yang mengawasi Dana Iklim Hijau juga sepakat untuk mulai mencari pendanaan lagi tahun depan, karena modal awal sekitar US$ 6,6 miliar akan segera habis.

Dikutip dari VOA Indonesia pada Selasa (23/10/2018), dana berbasis di Korea Selatan itu, yang dianggap sebagai wadah penting bagi program-program pembangunan terkait perubahan iklim, tadinya dimaksudkan untuk menerima lebih dari US$ 10 miliar dolar (setara Rp 152 triliun) dari negara-negara kaya tahun 2018.

Tapi keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menahan US$ 2 miliar (setara Rp 30.4 triliun) dari total US$ 3 miliar (setara Rp 40,6 triliun) yang dijanjikan pendahulunya, Barack Obama, telah menyebabkan kurangnya anggaran.

Pendanaan yang disetujui dalam pertemuan di Manama itu termasuk proyek-proyek terkait energi geothermal di Indonesia, kota-kota lebih hijau di Eropa dan Timur Tengah, serta perlindungan bagi komunitas pesisir di India.

Tapi para delegasi berselisih soal permintaan dari negara tuan rumah Bahrain untuk menerima pendanaan guna melindungi sumber-sumber air segarnya, dari dampak perubahan iklim.

Para pakar lingkungan telah mengatakan bahwa negara Teluk itu bisa mendanai proyek tersebut menggunakan uangnya sendiri, yakni didapat dari persediaan minyak dan gas berkapasitas besar.

Proyek itu pada akhirnya disetujui, tapi hanya dengan US$ 2,1 juta dolar (setara Rp 31,9 miliar) dari 9,8 juta dolar (setara Rp 148 miliar) yang diminta Bahrain.

Simak video pilihan berikut: 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2q5aJg5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Perubahan Iklim Negara Berkembang, PBB Gelontorkan Rp 15,2 Triliun"

Post a Comment

Powered by Blogger.