Search

Jatuh Sesaat Setelah Lepas Landas, Insiden Lion Air JT 610 Juga Dialami 3 Maskapai Dunia Ini

Liputan6.com, Jakarta - Insiden seperti Lion Air ternyata juga pernah dialami oleh sejumlah maskapai penerbangan di dunia. 

Lion Air yang nahas tersebut dikabarkan hilang kontak tak lama setelah mengudara. Pesawat dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang tak diketahui keberadaannya sejak pukul 06.33 WIB.

Tak lama kemudian, Basarnas memastikan pesawat tersebut jatuh di perairan Teluk Karawang, Senin (29/10/2018).

Momen hilang kontak menjadi awal petaka sejumlah pesawat jatuh dunia seperti dialami oleh Lion Air JT 610. Berikut rangkuman peristiwanya yang Liputan6.com kutip dari beragam sumber:

1. Pesawat EgyptAir MS804

Pesawat EgyptAir yang bertolak dari Paris, Prancis, menuju Kairo, Mesir, dilaporkan menghilang dari radar pada Kamis 19 Mei 2016 dini hari waktu setempat.

Pesawat itu tengah mengudara di ketinggian 37.000 kaki dan menghilang 80 mil (sekitar 10 menit) sebelum memasuki wilayah udara Mesir. Penerbangan itu dijadwalkan meninggalkan Paris pada 23.09 waktu setempat untuk menempuh perjalanan sekitar 3 jam 45 menit.

Tim SAR dari Mesir dikerahkan untuk mencari pesawat hilang itu yang posisi terakhir berada di laut Mediterania.

Menurut juru bicara Keselamatan Penerbangan Sipil Mesir, Ihab Raslan kepada SkyNews Arabia mengatakan, kemungkinan besar EgyptAir nomor penerbangan MS804 itu jatuh ke laut.

Namun, Raslan juga mengatakan, EgyptAir itu tengah memasuki wilayah udara Mesir ketika hilang dari radar. Hal itu bertentangan dengan keterangan maskapai yang menyatakan burung besi berada 16 kilometer menuju Mesir.

Maskapai penerbangan itu dalam Twitter menyebut 69 penumpang termasuk 10 kru. Namun, Ahmed Abdel wakil kepala EgyptAir mengatakan ada 66 penumpang.

Tidak ada panggilan darurat dalam burung besi itu, kata Abdel seperti dilansir dari The Guardian. Kapten dalam penerbangan itu juga memiliki lebih dari 6.000 jam terbang termasuk 2.000 jam terbang di A320.

Pun, klaim Abdel, tidak ada kargo khusus atau berbahaya dalam EgyptAir MS804 dari Paris menuju Kairo.

Belakangan, dilaporkan seluruh penumpang termasuk awak tewas.

Saksikan juga video tentang Lion Air berikut ini:

Penerbangan pesawat ini dipimpin Kapten Pilot B. Suneja didampingi Coo Pilot Harvino.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Q2kU06

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jatuh Sesaat Setelah Lepas Landas, Insiden Lion Air JT 610 Juga Dialami 3 Maskapai Dunia Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.