Search

Konon, 4 Binatang Ini Bisa Memprediksi Gempa Bumi

Ikan oarfish adalah hewan air yang cukup aneh, sehingga tidak mengherankan jika beberapa budaya kuno menganggap bahwa mereka memiliki kekuatan magis.

Ikan ini disebut dapat tumbuh dengan panjang lebih dari 5 meter, terlihat seperti pita raksasa yang hidup. Oarfish juga memiliki wajah yang menakutkan (tetapi tidak berbahaya) dan hidup cukup dalam di laut, sehingga banyak nelayan yang hampir tidak mengetahui apa pun tentang mereka.

Selain itu, oarfish diyakini bisa memprediksi gempa bumi.

Laporan Live Science mengatakan, sekitar 20 ekor ikan ditemukan hanyut di sepanjang pantai Jepang sebelum negara ini hancur oleh gempa dahsyat pada 2011. Jumlah yang lebih besar pernah ditemukan di Negeri Sakura tersebut ketika gempa kuat melanda Chili dan Taiwan pada 2010.

Menurut USGS, fenomena alam itu hanya sebuah kebetulan. Oarfish yang hidup ratusan meter di bawah laut mungkin sensitif terhadap tremor yang terjadi di laut dalam.

Berita tentang kemunculan oarfish berukuran panjang 3,5 meter di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat banyak menarik perhatian sejumlah pembaca Liputan6.com pada 18 Juni 2017. Menurut mitos para nelayan setempat, kemunculan ikan Oarfish ke permukaan laut menjadi pertanda akan terjadinya gempa bumi.

Mengingat habitatnya yang berada di laut sedalam 1.000 meter, komunitas akademik menilai bahwa oarfish peka terhadap pergerakan lempeng bumi di dasar laut, dan mungkin saja ikan itu mampu mendeteksi dini tumbukan lempeng di dasar laut yang dapat menjadi sebab-musabab gempa.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2yanGZv

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Konon, 4 Binatang Ini Bisa Memprediksi Gempa Bumi"

Post a Comment

Powered by Blogger.