Search

Korea Selatan: Korea Utara Punya 20 hingga 60 Senjata Nuklir

Penilaian Korea Selatan terhadap persenjataan Korea Utara tidak jauh berbeda dari berbagai perkiraan beberapa organisasi internasional. Organisasi-organisasi tersebut melakukan penaksiran kuantitas senjata nuklir yang Korut punya dengan memperkirakan jumlah bahan baku yang diyakini diproduksi oleh Utara --yakni berupmateri fisil semisal uranium atau plutonium.

Menurut laporan pemerintah Korea Selatan, Korea Utara diyakini telah memproduksi 110 pon plutonium yang telah diperkaya (enriched) --untuk pemanfaatan senjata atau weapons-grade nuclear material-- yang cukup untuk membuat setidaknya delapan bom nuklir.

Pakar Stanford University, termasuk fisikawan nuklir Siegfried Hecker yang mengunjungi fasilitas nuklir Korea Utara di Nyongbyon pada 2010, menulis awal tahun ini bahwa Korea Utara diperkirakan memiliki persediaan uranium yang diperkaya (enriched) sebanyak 550-1.100 pon --cukup untuk membuat 25-30 senjata nuklir.

Banyak ahli asing juga mengatakan bahwa Korea Utara kemungkinan menjalankan pabrik pengayaan uranium rahasia tambahan.

Korea Utara memasuki perundingan dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan awal tahun ini, mengatakan bahwa pihaknya bersedia untuk merundingkan mendenuklirisasi persenjataan nuklirnya.

Diplomasi denuklirisasi kemudian terhenti karena kecurigaan tentang tak tulusnya Korea Utara tentang janji perlucutan senjata, tetapi, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo akan mengunjungi Pyongyang bulan ini untuk mengatur pertemuan puncak kedua antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2P6fz7K

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korea Selatan: Korea Utara Punya 20 hingga 60 Senjata Nuklir"

Post a Comment

Powered by Blogger.