Search

Malaysia Kirim Pesawat Kargo untuk Bantu Korban Gempa-Tsunami di Sulawesi Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Negeri Jiran telah menerbangkan satu pesawat kargo Airbus A400M (heavy-airlift) berisi suplai kemanusiaan untuk membantu penanganan bencana gempa-tsunami di Sulawesi Tengah, menurut laporan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

"Pesawat itu terbang pukul 10.00 pagi (4/10) dari Pangkalan Angkatan Udara Diraja Malaysia (TUDM) Subang dan diperkirakan mendarat di Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 11.15 WIB," kata Sekretaris Pertama Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Azwiral, kepada Liputan6.com (4/10/2018).

Sementara itu, seperti dikutip dari situs berita Malaysia Utusan.com.my, Komandan Pangkalan TUDM Subang, Datuk Muhammad Mudzamir Ong Abdullah, mengatakan, pesawat itu ditugaskan sebagai pembawa barang yang membawa barang dari Jakarta ke Palu, setidaknya dua kali sehari.

Menurut dia, pesawat itu juga membantu membawa kebutuhan medis yang disumbangkan oleh Persatuan Bulan Sabit Merah (PBSM) dari Malaysia.

"Misi akan disertai oleh 23 awak dan tiga perwakilan media yang dipimpin oleh Komandan Skuadron 22, Letnan Kolonel Baharin Mohamad," kata Komandan Mudzamir kepada wartawan Malaysia pada 3 Oktober 2018.

"Kami dipersilahkan untuk membantu Indonesia karena mereka tidak memiliki pesawat besar. Jadi, A400M ini sejalan dengan kemampuan membawa hingga 22 ton."

Diketahui bahwa pesawat A400M akan ditugaskan antara empat dan 10 hari di Indonesia khusus untuk penanganan bencana gempa-tsunami Sulawesi Tengah.

Simak video pilihan berikut:

Korban gempa di Palu masih trauma untuk kembali ke rumah mereka. Warga lebih memilih bertahan di tenda pengungsian meski tak ada penerangan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2NgpcyZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Malaysia Kirim Pesawat Kargo untuk Bantu Korban Gempa-Tsunami di Sulawesi Tengah"

Post a Comment

Powered by Blogger.