Search

Menlu Kolombia: Pengungsi Venezuela Bisa Capai 4 Juta Pada Tahun 2021

Pemerintah Venezuela pada awal pekan ini menuduh PBB melebih-lebihkan krisis imigran di negaranya, untuk membenarkan "intervensi internasional".

Wakil Presiden Delcy Rodriguez mengatakan pemerintah Venezuela menyampaikan keberatan kepada Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, bahwa "pejabat individu" telah menggambarkan "aliran migrasi sebagai krisis kemanusiaan untuk membenarkan intervensi".

Dikutip dari Straits Times, PBB mengatakan 1,6 juta orang Venezuela telah melarikan diri dari krisis ekonomi di negara itu sejak 2015, akibat dari semakin sulitnya mencukupi kebutuhan dasar seperti makanan dan obat-obatan.

Venezuela berada di tahun keempat resesi, sementara Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan inflasi di sana akan mencapai 1 juta persen tahun ini.

Banjir imigran yang meninggalkan Venezuela untuk mencari kehidupan yang lebih baik di tempat lain, telah menyebabkan negara-negara, seperti Kolombia, Brasil, Ekuador, dan Peru menjerit di bawah tekanan, demikian tulis PBB dalam satu laporannya.

Sementara itu, berbicara pada konferensi pers, Rodriguez mengatakan para pejabat PBB telah menggunakan data dari "negara musuh", dan menyajikannya seolah-olah itu milik mereka sendiri. Meski begitu, sang wakil presiden tidak merinci siapa para pejabat atau negara-negara musuh itu.

"Krisis kemanusiaan terburuk yang sedang dihadapi dunia saat ini adalah yang disebabkan oleh Nato dan negara-negara Uni Eropa di Afrika dan Timur Tengah," ucap Rodriguez, yang menyerukan kepada diplomat Uni Eropa atas Federica Mogherini untuk membasmi "berita palsu."

Di lain pihak, sekitar 13 negara Amerika Latin memulai pertemuan dua hari di Kota Quito pada Senin 2 September, untuk membahas krisis imigran Venezuela, termasuk respons regional dan permohonan untuk pendanaan dari luar.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Qs44rk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu Kolombia: Pengungsi Venezuela Bisa Capai 4 Juta Pada Tahun 2021"

Post a Comment

Powered by Blogger.