Search

Pesan Ma’ruf Amin saat Bertemu Ratusan Kiai Muda Jawa Timur

Liputan6.com, Malang - Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin berkeliling ke sejumlah pondok pesantren di Malang, Jawa Timur. Ia juga menggelar pertemuan dengan para ulama dan para kiai muda pimpinan pondok pesantren dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Ma’ruf Amin mengatakan, melalui pertemuan ini para ulama dan pimpinan pondok pesantren diajak untuk bersama-sama mengawal negara dan mewaspadai ancaman gerakan separatism, radikalisme dan terorisme.

“Para kiai harus mengambil peran, jangan lagi masa bodoh. Negara ini harus kita kawal dengan baik dan menjaga keutuhan Indonesia,” kata Ma’ruf Amin di Malang, Senin (29/10/2018).

Menurutnya, mengawal keutuhan negara dan bangsa adalah bagian dari meneruskan perjuangan pada kiai terdahulu. Para ulama yang turut memperjuangan kemerdekaan Indonesia. Termasuk mewaspadai gerakan yang ingin mendirikan khilafah islam di Indonesia.

“Khilafah itu bukan ditolak, tapi sudah otomatis tertolak saat deklarasi kemerdekaan negara ini,” ujar Ma’ruf.

Ia juga mengingatkan para para ulama dan kiai muda untuk tak terjebak pada polarisasi saat pemilihan presiden 2019 mendatang. Perbedaan pilihan politik sepatutnya disikapi secara dewasa dan tak saling provokasi antar satu dengan lainnya.

“Jangan dalam pilpres nanti karena beda pilihan bisa menyebabkan terjadinya perpecahan bangsa,” ujar Ma’ruf.

Sebelum bertemu dengan para ulama dan kiai muda dari berbagai daerah, Ketua Umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini sebelumnya lebih dulu mengunjungi Pondok Pesantren An-Nur 1, Bululawang, Malang. Serta Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Kota Malang.

Sehari sebelumnya, Ma’ruf Amin juga menghadiri peringatan Hari Santri di Surabaya dan Sidoarjo. Pertemuan di Malang pada hari ini bagian dari lanjutan silaturahim dengan para ulama dan pimpinan pondok pesantren.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Rhu6hm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pesan Ma’ruf Amin saat Bertemu Ratusan Kiai Muda Jawa Timur"

Post a Comment

Powered by Blogger.