Search

Pesan Ridwan Kamil ke Warga Jabar Usai Insiden Pembakaran Bendera HTI

Liputan6.com, Bandung - Peristiwa pembakaran bendera yang diduga mirip bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dalam acara peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di Alun-alun Limbangan, Garut, Jawa Barat, Senin (22/10/2018) mendapat perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyesalkan insiden yang diduga dilakukan oknum berseragam Banser tersebut. Ridwan pun langsung menggelar pertemuan dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Barat di Mapolda Jabar, Selasa (23/10/2018). Turut hadir jajaran Polisi dan TNI, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jabar.

"Kita memahami beberapa hal, yang pertama adalah tentunya kita menyesalkan terjadinya peristiwa tersebut," ujar Ridwan usai pertemuan.

Emil, sapaan akrabnya, meminta semua pihak menahan diri lantaran insiden tersebut sudah ditangani kepolisian. Dikatakan dia, polisi berhasil mengamankan dan akan melakukan proses hukum untuk melihat unsur pidana terkait peristiwa pembakaran bendera itu.

"Mudah-mudahan dalam waktu singkat kepolisian akan memberikan penjelasan lebih lanjut tapi per hari ini saya kira sudah dilaksanakan dengan baik oleh Polres Garut dengan arahan dari Polda Jabar," tegasnya.

Dalam pertemuan itu, Forkopimda yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat juga sepakat agar menyikapi secara dingin dan tidak terbawa informasi yang menyesatkan.

"Tentunya kita pahami reaksi-reaksi yang terjadi tentunya itu manusiawi dan selanjutnya kita akan mengarahkan setiap ekspresi, pendapat, argumentasi atau apapun diharapkan dilaksanakan di forum yang baik dengan cara yang baik," tukasnya.

Selain itu, Emil meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan unggahan informasi terkait insiden pembakaran bendera di media sosial.

"Karena kita betul-betul berharap Jawa Barat selalu kondusif dan kesimpulannya kita serahkan sepenuhnya permasalahan ini kepada kepolisian yang sudah menangani dengan cepat," katanya.

Senada dengan Ridwan, Sekretaris Umum MUI Jabar Rafani Achyar menyatakan saat ini masyarakat jangan mudah terprovokasi sambil menunggu proses penyelidikan pembakaran bendera yang dilakukan polisi.

"Kami intinya berterima kasih kepada Polda Jabar yang secara profesional menangani kasus ini dan kita semua imbau jangan terprovokasi sehingga melebar yang tidak perlu," ungkap Rafani.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2R8g01S

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pesan Ridwan Kamil ke Warga Jabar Usai Insiden Pembakaran Bendera HTI"

Post a Comment

Powered by Blogger.