Search

Wapres AS: Trump Tak Terkait dalam Teror Bahan Peledak kepada Oposisi

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengatakan bahwa Presiden Donald Trump tidak bertanggung jawab atas serangkaian teror surat berisi bahan peledak, yang baru-baru ini dialamatkan kepada kubu oposisi dan media pengkritik Trump.

Pada Jumat 26 Oktober, pemerintah federal menangkap Cesar Sayoc (56), sehubungan dengan bahan peledak yang dikirim ke beberapa tokoh Partai Demokrat dan media berita CNN.

Dikutip dari Time.com pada Minggu (28/10/2018), sebagian besar paket tersebut ditujukan kepada pejabat tinggi pemerintahan Obama, termasuk mantan Presiden Barack Obama, mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, mantan Direktur CIA John Brennan dan mantan Jaksa Agung Eric Holder.

Pihak berwenang belum menyampaikan secara resmi motif di balik tindakan Sayoc. Tetapi, akun media sosialnya telah menunjukkan ia adalah pendukung Trump, yang sering mengunggah berbagai teori konspirasi pro sayap kanan.

Wapres Pence mengatakan kepada perwakilan kantor berita ABC di Gedung Putih, bahwa kecenderungan politik Sayoc tidak melibatkan Donald Trump.

"Apa yang Presiden dan saya perjuangkan, dan saya pikir setiap orang Amerika tahu, adalah ancaman atau tindakan kekerasan politik dari siapa pun, di mana saja, untuk alasan apapun tidak boleh dibiarkan," ujar Pence.

"Dia (Sayoc) akan mempertanggungjawabkan perbuatannya," lanjut Pence tegas.

Pence juga ditanya tentang apakah penggunaan retorika keras Donald Trump terhadap wartawan dan outlet berita di masa lalu, bisa kembali menjadi masalah saat ini.

"Presiden Trump berada dalam haknya untuk meminta media "lebih berimbang" sambil tetap percaya pada kebebasan pers yang independen," jawab Pence.

"Saya pikir kebanyakan orang Amerika memahami Presiden ini, mereka mengerti hatinya," kata Pence. "Saya benar-benar percaya bahwa orang-orang memahami bahwa mereka yang terlibat dalam ancaman adalah tindakan kekerasan adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk itu."

Simak video pilihan berikut:

Selain rumah Bill Clinton, polisi rahasia menemukan paket serupa di rumah Barack Obama dan Gedung Time Warner Center di Manhattan, New York.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Da7UmB

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wapres AS: Trump Tak Terkait dalam Teror Bahan Peledak kepada Oposisi"

Post a Comment

Powered by Blogger.