Search

Aktivis Jadikan Jamal Khashoggi Nama Jalan di Kedutaan Arab Saudi di Inggris

Liputan6.com, London - Seorang aktivis hak asasi manusia memasang papan nama jalan tiruan bertuliskan nama jurnalis Arab Saudi yang tewas, Jamal Khashoggi, di lokasi tempat kedutaan Saudi untuk Inggris berada.

Di Mayfair, London, aktivis dari Amnesty International memasang tanda jalan tiruan bertuliskan "Khashoggi Street" di luar kedutaan Saudi pada 2 November 2018 pukul 13.14 waktu setempat --tepat satu bulan ketika kolumnis The Washington Post itu memasuki konsulat Saudi di Istanbul dan diduga tewas terbunuh di dalamnya pada 2 Oktober 2018.

Amnesty International berharap, aksinya di luar kedutaan Saudi di Mayfair, London akan mendorong pemerintah di seluruh dunia untuk mengikutinya, demikian seperti dikutip dari The Independent, Minggu (4/10/2018).

Aktivisme serupa dimulai di Amerika Serikat, di mana teman-teman dan pengagum Jamal Khashoggi telah memulai petisi yang menyerukan kepada pejabat di Washington DC untuk mengganti nama jalan New Hampshire Avenue --di mana kedutaan Saudi untuk AS berada-- menjadi "Jamal Khashoggi Way".

Sekarang, aktivisme itu --yang tampak ditujukan sebagai bentuk sindiran kepada pemerintah Arab Saudi yang dituduh bertanggungjawab atas kematian Jamal Khashoggi-- telah menyebar ke luar negeri.

Kate Allen, Direktur Amnesty International UK, mengatakan: "Seluruh dunia telah terkejut dengan pembunuhan yang mengerikan ini, dan sangat penting bahwa kita tidak membiarkan kemarahan memudar tanpa adanya keadilan ditegakkan."

Pada upacara mengenang Jamal Khashoggi di London awal pekan ini, kepala sebuah organisasi think-tank yang berpengaruh dan teman lama Khashoggi, Nihad Awad, mendesak dunia untuk memulai aktivisme serupa di setiap kota di mana Riyadh memiliki misi diplomatik.

"Saya ingin Anda memulai sebuah petisi, bahwa setiap nama jalan di setiap kota yang ada kedutaan Saudi atau misi Saudi, agar diganti namanya sesuai namanya (Jamal Khashoggi)," kata Awad.

"Bayangkan jika surat mereka harus dialamatkan ke Jalan Khashoggi? Dan di kartu nama mereka ada alamat seperti itu?"

Sejauh ini, lebih dari 1.800 orang telah mengajukan petisi tersebut ke Washington DC. Inisiator di balik petisi itu adalah dua think tank Washington yang berseberangan paham karena berasal dari spektrum politik yang berbeda, namun, bersatu dalam kemarahan mereka atas pembunuhan Jamal Khashoggi.

Ketika petisi itu mencapai 2.000 tanda tangan, pasangan itu merencanakan untuk mendekati Walikota Washington DC, Muriel Bowser, untuk meminta perubahan nama.

Petisi itu menyatakan penggantian nama akan menjadi "pengingat harian bagi para pejabat Saudi bahwa perilaku seperti itu sama sekali tidak dapat diterima dan sebagai ekspresi dukungan tanpa batas Washington terhadap kebebasan pers".

Simak video pilihan berikut:

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut bahwa pembunuhan Jamal Khashoggi merupakan operasi terencana dari Arab Saudi dan menuntut agar orang yang memberi perintah dimintai pertanggungjawaban.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2AJRjnd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aktivis Jadikan Jamal Khashoggi Nama Jalan di Kedutaan Arab Saudi di Inggris"

Post a Comment

Powered by Blogger.