Search

Ketika El Nino Bikin Waduk Sempor Kebumen Bertekuk Lutut

"Jadi menurut ramalan BMKG, pada dasarian kedua Oktober itu sudah turun hujan. Akan tetapi, ternyata hanya gerimis sebentar berhenti, gerimis sebentar berhenti," katanya, Kamis, 1 November 2018.

Menimbang volume Waduk Sempor yang minim, air waduk ini hanya cukup digunakan untuk menyuplai kebutuhan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kebumen. Pelanggan tersebar di Kecamatan Gombong, Karanganyar, Sruweng, dan Kebumen dengan jumlah mencapai 15 ribu saluran.

Sebab itu, jika dialirkan maka dalam jangka sepekan Waduk Sempor akan kehabisan air. Karenanya, hingga saat ini otoritas Waduk Sempor memilih untuk tak mengalirkan air untuk pertanian terlebih dahulu.

"Elevasi hari ini masih 51,59 normalnya itu kan 72. Padahal, untuk memulai MT 1 itu paling tidak elevasi di 67," dia menerangkan.

Menyusutnya air di Waduk Sempor ini rupanya juga terjadi di Waduk Wadaslintang yang kapasitasnya lebih besar. Namun, lantaran sumber airnya relatif normal dan konstan, maka Wadaslintang tetap bisa mengairi sawah seluas 31 ribu hektare di daerah irigasinya (DI).

Dia menyebut, kapasitas Wadas Lintang memang nyaris 10 kali lipat dibanding Waduk Sempor dengan suplai air yang relatif lebih stabil. Sejak sebulan lalu Wadslintang telah mengalirkan air ke DI-nya. "Wadaslintang tidak terlalu terdampak," ucap Darmaji.

Dia menjelaskan, Wadaslintang sejauh ini telah mengalirkan 24 juta meter kubik untuk DI-nya. Rinciannya, pada 1 Oktober-15 Oktober dialirkan sebanyak 8 juta meter kubik. Lantas, pada 16-31 Oktober kembali dialirkan sebanyak 16 juta meter kubik.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pos Pengamatan Cilacap, Rendy Krisnawan mengatakan musim hujan di selatan Garis Katulistiwa, memang mundur. Di Jawa Tengah, El Nino menyebabkanawal musim hujan mundur antara satu hingga tiga dasarian.

Lazimnya awal musim penghujan, hujan masih berintensitas ringan dan sporadis atau tidak merata. Diperkirakan pada November hujan mulai konstan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

VIRAL !! Polwan Cantik Kebumen Bersuara Bersalawat Merdu

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2CYvce9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketika El Nino Bikin Waduk Sempor Kebumen Bertekuk Lutut"

Post a Comment

Powered by Blogger.