Search

Teror Pembalak Liar di Hutan Lindung Bukit Betabuh Riau

Warga pada 2017 mulai sadar untuk menjaga Hutan Lindung Bukit Betabuh, karena sumber air yang dikonsumsi warga desa mengalir dari kawasan hutan tersebut. Akibat perambahan dan pembalakan liar yang kerap menggunakan alat berat, terjadi pencemaran lingkungan pada air sungai.

"Hujan sedikit air berubah jadi susu, pencemaran lingkungan. Namun, setelah ada kelompok tani hutan, perambahan bisa berkurang sampai 75 persen, sungai yang kami gunakan untuk mandi dan air minum tetap bersih," katanya.

Ia mengatakan, KTH Bukik Hijau akan terus menjaga hutan lindung dan tidak takut dengan intimidasi yang sudah merusak pondok dan kerja keras warga setempat. Dalam waktu dekat perwakilan kelompok tani itu akan melaporkan kasus ini ke instansi terkait. "Lanjutkan kelompok itu ke depannya, tidak terhalang dengan hal-hal seperti ini," ujarnya.

Ia meminta agar Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau yang membawahi kawasan hutan lindung tersebut untuk tidak tinggal diam dan menyelesaikan masalah perambahan Hutan Lindung Bukit Betabuh.

"Kalau didiamkan, masyarakat kini kondisinya sedang panas kemungkinan mereka akan lawan sendiri. Tergantung aparat yang di atas, seharusnya jangan diam saja," katanya.

Sementara itu, Direktur Program Yayasan Hutanriau Melki Rumania mengatakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau jangan membiarkan masyarakat berjuang sendirian melawan perambah hutan dan pembalak liar. Keberadaan KTH dinilai sudah berhasil mengurangi pembalakan liar di daerah tersebut.

"Anggota kelompok tani itu 100 persen mantan pembalak liar," katanya.

Ia menambahkan, peran Hutan Lindung Bukit Betabuh juga sangat penting untuk kelestarian flora dan fauna terancam punah. Di kawasan itu ada harimau sumatera, rusa sambar, kuau raja, dan trenggiling. Sedangkan, flora yang terancam punah masih ada berupa pohon kayu seminai, ulin atau disebut warga setempat bulian, dan beberapa jenis pohon meranti.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kegiatan calon bidan ini adalah salah satu cara mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2SJTKgs

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Teror Pembalak Liar di Hutan Lindung Bukit Betabuh Riau"

Post a Comment

Powered by Blogger.