Search

Ditolak Pulang ke Inggris, Bayi Pengantin ISIS Shamima Begum Meninggal

Liputan6.com, London - Bayi laki-laki yang baru lahir dari rahim pengantin ISIS, Shamima Begum, dikabarkan meninggal di sebuah kamp pengungsi Suriah.

Bayi bernama Jarrah itu dimakamkan pada hari Jumat, tiga pekan setelah Begum (19), seorang remaja asal London timur yang sempat mengabdi pada ISIS, melahirkan dalam kondisi tanpa kewarganegaraan, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Sabtu (9/3/2019).

Seorang pejabat intelijen Kurdi mengatakan bayi itu telah dibawa ke rumah sakit di kamp al-Roj di Suriah timur laut, dengan keluhan sulit bernapas beberapa kali dalam sepekan terakhir.

Seorang teman Begum mengatakan "bayi itu membiru dan kedinginan" sebelum dilarikan ke klinik di dalam kamp.

Meninggalnya Jarrah dikonfirmasi pada hari Jumat oleh pengacara keluarga Begum, Tasnime Akunjee.

"Ini akan menimbulkan pertanyaan baru tentang kondisi di kamp-kamp Suriah utara, dan menempatkan kewajiban perlindungan bagi beberapa anak yang paling rentan di dunia dalam sorotan," ujar Akunjee kepada BBC.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid mengatakan bahwa status kewarganegaraan Begum akan dicabut, karena dia meninggalkan negaranya untuk bergabung dengan ISIS.

Namun, pemberlakuan kebijakan yang sama terhadap putra Begum --yang kini telah tiada-- menuai kritik luas di tingkat global, terutama dari kalangan pemerhati kesejahteraan anak.

Menteri bayangan (pengawas) Kemendagri Inggris, Diane Abbott, mengkritik keputusan Javid, dengan mengetwit: "Adalah tindakan yang melanggar hukum internasional untuk membuat seseorang tanpa kewarganegaraan, dan sekarang seorang anak yang tidak bersalah telah meninggal akibat dari seorang wanita Inggris yang dicabut status kewarganegaraannya. Ini tidak berperasaan dan tidak manusiawi."

Simak video pilihan berikut:

Irma dideportasi karena diduga hendak bergabung dengan organisasi teroris internasional ISIS.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2TGxYxm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ditolak Pulang ke Inggris, Bayi Pengantin ISIS Shamima Begum Meninggal"

Post a Comment

Powered by Blogger.