Search

Kesenian Gesrek, Aksi Kebal Tubuh ala Garut

Liputan6.com, Garut - Selain Banten yang memiliki kesenian debus, Garut, Jawa Barat pun menyimpan kesenian yang tak kalah serunya. Gesrek, atraksi kebal tubuh mempertaruhkan nyawa, untuk sebuah hiburan rakyat yang cukup mempesona sejak lama.

Budayawan lokal Garut Franz Limiart mengatakan, sejatinya aksi gesrek bukan dipertontonkan untuk menampilkan aksi menantang maut, namun hiburan rakyat itu sengaja ditampilkan, saat musim panen berlangsung.

"Gesrek itu suara dari padi yang sengaja dipikul saat panen berlangsung, srek srek srek, jadilah gesrek," ujarnya kepada Liputan6.com, Jumat (8/3/2019) petang.

Saat itu, masyarakat desa yang tengah dihinggapi keceriaan paska panen, membuat sebuah hiburan tersendiri di kalangan petani, sebagai rasa sukur mereka atas hasil bumi yang diperoleh.

'Tapi memang ada hiburan tambahannya yakni olah raga yang tahan pukul, benda tajam dan lainnya seperti itu," ujarnya.

Dalam prakteknya belasan, puluhan hingga ratusan petani dengan sejumlah hasil bumi, seperti padi, pisang, singkong dan lainnya, berbaris memanjang membawa hasil bumi dengan cara dipikul, untuk diperlihatkan ke masyarakat.

"Awalnya tidak ada aksi kebal tubuh dan lainnya, tetapi memang dalam perjalanan selanjutnya yang lebih terkenal aksi kekebalan tubuhnya itu," papar dia.

Menurut Franz, kultur masyarakat Garut yang giat bertani, menjadikan kesenian gesrek dengan mudah berkembang di masyarakat.

"Filosofinya dari kesenian itu kan membawa padi dengan ceria, agar masyarakat tidak terbebani hidup, kompensasinya dengan kesenian tadi," ujar dia.

Selain itu, kebudayaan masyarakat yang heterogen, memungkinkan kesenian gesrek bercampur dengan budaya lokal, Garut, yang sejak lama dikenal erat dengan sejumlah mitos kesaktian.

"Sebenarnya Geserak tidak hanya di Garut, ada juga di Cigugur Kuningan atau Ciptagelar di Sukabumi," ujarnya.

Namun dalam perjalanan selanjutnya, kesenian Gesrek yang berkembang di Garut lebih banyak dibumbui pertunjukan atraksi lain, yang mengundang decak kagum penonton.

"Kesenian gesrek yang memiliki seni kekebalan tubuh mungkin hanya di Garut, yang lainnya justru tidak ada," ujarnya bangga.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2u0GR6G

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kesenian Gesrek, Aksi Kebal Tubuh ala Garut"

Post a Comment

Powered by Blogger.