Search

MRT Baru di Jakarta, Ternyata Kereta Bawah Tanah Ada Sejak 156 Tahun Lalu

Liputan6.com, Jakarta - Mass Rapid Transit (MRT) rampung diselesaikan. Kemarin, Presiden Indonesia Joko Widodo telah meresmikan proyek yang diharap menjadi solusi kemacetan ibu kota.

Meski terbilang anyar buat masyarakat Indonesia, MRT sudah ada di sejumlah negara tetangga. Singapura, misalnya. Keberadaan unit transportasi massal satu ini umumnya berada di bawah tanah, namun sejumlah lainnya memiliki lintasan yang dibangun di atas jalan. 

Tahukah Anda bahwa kereta bawah tanah bahkan punya sejarah panjang sejak 156 tahun lalu.

Pada Sabtu 10 Januari 1863, London Underground di Inggris dibuka untuk kali pertamanya. Kala itu, gerbong kereta bawah tanah diterangi dengan lampu gas. Kereta uap dioperasikan bolak-balik dari Paddington Station ke Farringdon Street, melewati pemberhentian di Edgware Road, Baker Street, Portland Road, Gower Street, dan King's Cross.

Kereta menempuh jarak 3,75 mil atau 6 kilometer selama 18 menit. Sejak 1880, MRT mengangkut 40 juta penumpang tiap tahunnya.

Pembangunan MRT bawah tanah di London berawal dari persoalan yang bikin puyeng banyak orang: macet.

Pada awal 1800-an di London, jaringan rel kereta hanya ada di pinggiran. Tak sampai pusat kota.

Sepeti dikutip dari situs oddsalon.com, para komuter dan pelancong terpaksa menempuh perjalanan, melewati jalanan sempit dan berkelok, menggunakan gerobak, semacam taksi, atau angkutan yang ditarik kuda. Pilihan lain adalah berjakan kaki.

Ketika lebih banyak orang pindah ke London, lalu lintas pun kian semrawut. Orang-orang stres, sektor bisnis pun merana.

Sementara, para pejabat atau pegawai pengatur lalu lintas dan transportasi mumet bukan kepalang, saat jalur yang mereka rencanakan tak terwujud gara-gara terbatasnya lahan dan kepemilikan tanah yang ruwet.

Jalan keluar wajib ditemukan untuk mengatasinya. Sejumlah pihak menawarkan solusi ke parlemen. Kebanyakan ditolak karena dianggap tak layak. Hingga akhirnya, Charles Pearson, seorang praktisi hukum menawarkan gagasan unik: menggunakan teknik rekayasa inovatif untuk menempatkan kereta api di bawah tanah.

Dengan cara itu, kereta bawah tanah bisa mengangkut ribuan bahkan jutaan penumpang lewat terowongan, tanpa bikin lalu lintas kota makin teruk.

Pembangunan diawali pada 1860 oleh perusahaan Metropolitan Railway Company. Terowongan dibuat dengan metode 'cut and cover'. Parit dalam digali, lalu dinding bata dibangun untuk menguatkan terowongan, kemudian akhirnya ditutup dengan lengkungan batu bata dan atap beton, di mana jalan-jalan di atasnya dapat ditata kembali.

Meski itu dianggap opsi yang paling layak dan tak merusak, sekitar 900 rumah -- kebanyakan tak permanen -- digusur selama pembangunan.

Reaksi publik terhadap jalur kereta bawah tanah baru beragam. Kebanyakan antusias menantinya. Tapi ada juga yang berpandangan negatif.

Mereka yang kontra mencemooh dengan menyebut proyek itu sebagai 'The Drain'. Lainnya memprediksi orang-orang yang ada di atas tanah akan terperosok ke terowongan dan tewas ditabrak kereta.

Ada juga yang menduga, para komuter akan merasa sesak napas selama berada di dalam terowongan. Bahkan ada yang menyebut, moda transportasi bawah tanah itu adalah pintu masuk ke neraka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sebuah bom meledak di stasiun kereta bawah tanah di kota London.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Ua9Kfk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "MRT Baru di Jakarta, Ternyata Kereta Bawah Tanah Ada Sejak 156 Tahun Lalu"

Post a Comment

Powered by Blogger.