Search

Tiada Ucapan Terima Kasih Soal Pemakaman, Donald Trump Kritik Mendiang John McCain

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengkritik keras mendiang Senator John McCain, karena ia "tidak mendapat ucapan terima kasih" saat prosesi pemakaman kenegaraannya.

"Kami mengiringinya dalam perjalanan (menuju pemakaman), tetapi saya bukan penggemar John McCain," kata presiden saat berkunjung ke pabrik tank Ohio, sebagaimana dikutip dari BBC pada Kamis (21/3/2019).

Trump telah berulang kali menyerang mantan senator Arizona itu dalam beberapa hari terakhir, menyalakan kembali perselisihan yang berawal sejak sebelum masa kepresidenannya.

McCain, yang merupakan Veteran Perang Vietnam, meninggal karena kanker otak, Agustus lalu, pada usia 81 tahun.

Selama kunjungannya pada hari Rabu ke pabrik tank di Lima, negara bagian Ohio, Donald Trump menambah serangan kritiknya pada McCain.

"Saya memberinya jenis pemakaman yang dia inginkan, yang sebagai presiden saya harus menyetujuinya," katanya kepada para pekerja di pabrik.

"Saya tidak peduli tentang ini, saya tidak mendapatkan ucapan terima kasih. Tidak apa-apa," lanjutnya.

Sedikit kilas balik, Donald Trump menyetujui penerbangan militer jenazah McCain dari Arizona ke Washington, tetapi Kongreslah yang mendapat salam kehormatan atas persemayamannya di ibu kota Washington DC. 

Donald Trump mengatakan McCain "tidak menyelesaikan secara baik pekerjaan sebagai veteran" dengan menolak mencabut Obamacare, yakni sistem jaminan kesehatan di masa pemerintahan Barack Obama.

Presiden AS ke-45 itu juga menyerang McCain atas "perang di Timur Tengah", yang mengacu pada dukungan sang senator terhadap Perang Irak.

"Bukan tipe saya," kata Trump. "Tetapi beberapa orang menyukainya dan saya pikir itu hebat."

Donald Trump kembali menghidupkan konfrontasinya terhadap McCain pada Sabtu lalu, dengan mengetwit bahwa mendiang senator telah mendukung 'Steele dossier', atau sebuah dokumen terbitan 2016 yang tidak diverifikasi oleh mantan perwira intelijen Inggris, Christopher Steele, di mana mengklaim ada hubungan khusus antara presiden AS berkuasa dan Kremlin.

Pada hari Minggu, Trump kembali menyerang McCain, dengan menyebutnya sebagai senator "terakhir di kelasnya", yang telah mengirim "Berkas Palsu ke FBI".

Simak video pilihan berikut: 

Di bawah tekanan veteran dan anggota Kongres AS, Donald Trump akhirnya memerintahkan agar Gedung Putih kembali mengibarkan bendera setengah tiang. Ini untuk mengenang mendiang senator senior Partai Republik, John McCain.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2HyWZou

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tiada Ucapan Terima Kasih Soal Pemakaman, Donald Trump Kritik Mendiang John McCain"

Post a Comment

Powered by Blogger.