Search

12-4-1831: Derap Langkah Serdadu Bikin Jembatan di Inggris Ini Ambrol

Liputan6.com, London - Pada 12 April 1831, Korps Senapan ke-60 atau 60th Rifle Corps Inggris menggelar latihan di Kirsal Moor, di bawah komando Letnan Percy Slingsby Fitzgerald.

Usai latihan, 74 serdadu tersebut kembali ke barak mereka di Salford. Dibagi dalam empat saf, mereka berbaris rapi dengan langkah berderap, serempak, gagah.

Para prajurit tersebut melewati Broughton Suspension Bridge, jembatan gantung berbahan baja yang melintang di atas Sungai Irwell. Bangunan itu dibangun pada 1826, menghubungkan Broughton dan Pendleton.

Saat melewati jembatan, anggota Korps Senapan ke-60 merasakan sensasi getaran. Alih-alih khawatir, mereka justru senang. Beberapa prajurit mulai bersiul, dengan irama yang disesuaikan dengan langkah mereka. Tak sedikit yang sengaja menghentakkan kaki, agar getaran kian kuat.

Barisan para tentara Inggris itu hampir mencapai sisi Pendleton ketika mereka mendengar suara aneh. Mirip berondongan senjata api yang bunyinya tak beraturan.

Tiba-tiba, salah satu tiang besi yang menopang rantai suspensi di sisi Broughton copot dan menimpa jembatan. Pun dengan batu besar dari dermaga yang terbawa.

Sudut jembatan, yang tidak lagi ditopang tiang itu, akhirnya kolaps dari ketinggian 4,9 atau 5,5 meter ke sungai. Setidaknya 40 prajurit terlempar.

Saat itu, sungai sedang dangkal. Kedalamannya hanya sekitar 60 kaki. Untungnya, tak ada satu pun dari mereka yang tewas.

Namun, 20 di antaranya cedera, termasuk enam orang yang luka parah pada lengan, kaki, juga kepala.

Seperti dikutip dari situs LiveScience, Kamis (11/4/2019), pasca-insiden itu, Angkatan Darat Inggris atau British Army mengeluarkan perintah baru: para serdadu yang melintasi jembatan panjang harus memperlambat langkahnya untuk menghindari tragedi serupa.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2UzS1Ph

Bagikan Berita Ini

0 Response to "12-4-1831: Derap Langkah Serdadu Bikin Jembatan di Inggris Ini Ambrol"

Post a Comment

Powered by Blogger.