Search

Bersejarah, Pesawat Terbesar di Dunia Terbang Perdana

Liputan6.com, Mojave - Sebuah pesawat bertubuh ganda dengan lebar sayap sepanjang lapangan sepak bola baru saja terbang ke langit secara perdana dari Mojave Air & Space Port di California pada Sabtu 13 April 2019.

Itu adalah penerbangan pertama untuk Stratolaunch, yang disebut sebagai pesawat terbesar di dunia.

Dirancang oleh Stratolaunch Systems Corp yang semula dibuat untuk membawa satelit ke orbit rendah Bumi, pesawat itu menghabiskan 2,5 jam di udara di atas Gurun Mojave pada ketinggian hingga 17.000 kaki (5.180 meter).

Pesawat mencapai kecepatan 189 mph (304 km / jam) dan melakukan beberapa manuver penerbangan, termasuk "roll doublets, manuver 'melintir', pushover dan pull-up, dan slip sisi heading yang mantap," kata produsen Stratolaunch dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Livescience, Minggu (14/4/2019).

"Penerbangan ini lebih jauh dari misi kami untuk memberikan alternatif yang fleksibel untuk sistem peluncuran darat," kata perusahaan itu.

Pesawat ini dimaksudkan untuk membawa satelit sekitar dua kali lebih tinggi dari pengujian -sekira 36.000 kaki (10.970 m)- di mana titik itu akan menjadi semacam landasan peluncuran mobilitas tinggi dengan melepaskan satelit dan peluncur mereka ke orbit. Stratolaunch kemudian akan kembali ke landasan.

Menurut Paul G Allen, pendiri Stratolaunch yang meninggal 15 Oktober 2018, sistem itu akan membuat peluncuran satelit jauh lebih mudah dan lebih cepat. Itu karena tidak perlu meluncurkan roket dari darat.

Sebaliknya, Stratolaunch bisa lepas landas dari berbagai landasan pacu dan kemudian terbang ke tempat dengan cuaca bagus.

Sementara kru penerbangan akan duduk di badan kanan, badan kiri akan memegang sistem data penerbangan. Dan muatannya akan duduk di bawah sayap tengah kembar, yang dirancang untuk mampu membawa beban hingga 500.000 pound.

Untuk mendapatkan burung besi ini terbang dari landasan pacu, perusahaan melengkapinya dengan enam 747 mesin dan 28 roda.

Stratolaunch memiliki lebar sayap 386 kaki (118 m) dan panjang 26 kaki (8 m).

Meskipun Stratolaunch adalah pesawat terbesar dalam lebar sayap, pesawat lain, Airlander 10 yang diisi helium, memiliki status pesawat terpanjang yang saat ini terbang dengan panjang 302 kaki (92 m).

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2UUVCH7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bersejarah, Pesawat Terbesar di Dunia Terbang Perdana"

Post a Comment

Powered by Blogger.