Search

Bom Era PD II Seberat 250 Kg di Jerman Diledakkan, 600 Warga Dievakuasi

Sebuah bom peninggalan Perang Dunia II juga pernah ditemukan di Hong Kong. 

Bom pasif seberat 450 - 500 Kg itu ditemukan di situs konstruksi kereta di Wan Chai, Hong Kong pada Sabtu, 27 Februari 2018 siang waktu setempat.

Otoritas setempat telah mengerahkan tim penjinak bahan peledak (Jihandak) untuk menangani bom tersebut.

Demi kelancaran proses penanganan, pihak berwenang telah mengevakuasi sekurang-kurangnya 1.300 orang dari wilayah perimeter lokasi bom itu ditemukan. Demikian seperti dikutip dari China Morning Post pada Minggu 28 Januari 2018.

Petugas Jihandak Senior untuk Kepolisian Hong Kong, Tony Chow Shek-kin mengonfirmasi, bom itu merupakan tipe ANM-65 yang diduga kuat dijatuhkan oleh pesawat bomber Amerika Serikat di Hong Kong pada sekitar 1941 - 1945.

Bom berdiameter 45 cm dengan panjang 140 cm itu ditemukan oleh seorang petugas konstruksi di tanah sedalam 15 m, di Sha Tin Central Rail Link, Harbour Road & Tonnochy Road. Polisi menerima laporan penemuan pada 7.40 pagi, 27 Januari, waktu setempat.

"Saat ditemukan, detonator depan bom itu mengalami kerusakan dan akan sangat berbahaya jika dipindahkan. Maka, kami harus menjinakkannya di lokasi temuan," tambah Tony Chow.

"Potensi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh bom itu sangat berbahaya. Akan berdampak pada area seluas 200 meter dengan fragmentasi yang mampu terbang hingga sejauh 2 km," papar dia.Baca selengkapnya di sini...

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2KCvxbW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bom Era PD II Seberat 250 Kg di Jerman Diledakkan, 600 Warga Dievakuasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.