Search

Diplomasi Nasi Liwet ala TNI-Polri Ciptakan Pemilu Damai di Garut

Dalam safari Pemilu yang digelar siang tadi, puluhan kendaraan roda dua TNI-Polri mulai menyusuri pemukiman warga secara acak. "Kita star dari kantor kodim yang berada di tengah pusat kota," ujar Budi sebelum melakukan perjalanan.

Menggunakan sepeda motor, Budi bersama Dandim 0612 Garut Letkol Infanteri Asyraf Aziz nampak gagah menjalankan kendaraanya. "Pertama kita datangi kelurahan Pakuwon lanjut ke desa Jayaraga, kemudian Kecamatan Karangpawitan, Wanaraja dan terakhir di Sukawening," ujar Budi menerangkan rute jalan yang akan dilalui puluhan anggota gabungan tersebut.

Pemilihan beberapa titik strategi itu bukan tanpa alasan, sebagai daerah utama penyangga kabupaten Garut, keberadaan kelurahan dan desa di sekitar kota harus menjadi perhatian khusus. "Memang ada beberapa titik yang kita anggap rawan juga, dan itu perlu kita perhatian sejak dini," papar dia.

Dalam setiap kunjungannya, Budi bersama Asyraf terlihat padu berkomunikasi dengan warga, perwira menengah di tiap kesatuannya itu, terlihat akrab menanyakan kesiapan TPS, kemudian keamanan masyarakat hingga situasi sekitar warga.

"Tidak ada yang aneh, kita ngobrol saja dengan warga, apa saja yang dibutuhkan, kemudian kita siapkan dengan matang," kata Budi.

Menurutnya, sepekan menjelang datangnya proses pencoblosan, merupakan saat tepat untuk menjaga ketentraman dan kondusifitas masyarakat. "Harus kita temui secara langsung mereka, agar mengetahui secara langsung lapangan," kata dia.

Dalam safari pemilu yang dilakukan kedua institusi keamanan Negara tersebut, keduanya terlihat padu, bahkan beberapa di antara anggota, nampak saling boncengan antara anggota TNI-Polres Garut tersebut.

Tidak ketinggalan untuk merekatkan kedua institusi, bingkisan berupa dua dus mi instan selalu diberikan jajaran polres Garut di setiap kantor koramil yang disinggahi. "Ini bentuk silaturahmi kami dengan mereka, sama-sama bertugas untuk mengamankan pemilu agar sukses," ujar Budi sambil tersenyum ramah.

Acara kemudian diakhiri makan bersama di atas daun pisang yang disiapkan anggota koramil Sukawening. Mereka Nampak lahap menyantap seluruh nasi liwet yang disediakan panitia, setelah lelah perjalanan memantau seluruh persiapan pencoblosan Pemilu.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2Ir7Qk2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diplomasi Nasi Liwet ala TNI-Polri Ciptakan Pemilu Damai di Garut"

Post a Comment

Powered by Blogger.