Search

Ini Alasan Donald Trump Akui Dataran Tinggi Golan Sebagai Milik Israel

Liputan6.com, Washington DC - Donald Trump membeberkan alasan Amerika Serikat mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Dalam sebuah kesempatan, presiden AS itu mengatakan bahwa keputusan tersebut ia ambil dengan cepat setelah mempelajari sejarah Golan secara kilat.

Dikutip dari Times of Israel, Senin (8/4/2019), pada Maret lalu Trump mengakui aneksasi Dataran Tinggi Golan yang dilakukan oleh Israel.

Keputusan Donald Trump lantas menuai kecaman dari dunia internasional. Uni Eropa dan para pemimpin negara Arab bahkan bersatu untuk mengecam keputusannya.

Selain itu, Trump juga mengatakan bahwa langkah itu ia ambil setelah melakukan diskusi dengan para penasehat perdamaian, termasuk Duta Besar AS untuk Israel dan menantunya Jared Kushner.

"Saya berkata, teman bantulah aku. Beri saya sedikit pelajaran sejarah secara cepat. Saya punya banyak hal yang harus saya kerjakan, entah itu soal China atau Korea Utara. Berikan saya petunjuk dengan cepat," jelas Trump saat ingin meminta masukan dan pelajaran singkat seputar sejarah.

"Kami membuat keputusan dengan cepat dan keputusan itulah yang terbaik," jelasnya.

Donald Trump menandatangani pengakuan AS atas Dataran Tinggi Golan atas Israel saat ia bertemu dengan PM Benjamin Netanyahu di Gedung Putih.

Menurut Milton Friedman, seorang ekonom asal Amerika Serikat, keputusan Donald Trump ini adalah "Mujizat Bagi Purim". Hal itu ia sampaikan dalam konferensi AIPAC, sehari setelah keputusan Trump.

"Tanpa dataran tinggi Golan, Israel terpapar risiko luar biasa dari musuh-musuh berbahaya, dan Suriah akan berada tepat di tepi Laut Galilea, yang menyediakan 40 persen air tawar Israel," kata Milton Friedman.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2uTmFUI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan Donald Trump Akui Dataran Tinggi Golan Sebagai Milik Israel"

Post a Comment

Powered by Blogger.