Search

Kisah Prabowo Mendatangi Suku Komoro Papua

Nurman menceritakan, jejak Prabowo di Papua, salah satunya adalah di Timika. Saat itu, tahun 1996, usai pembebasan sandera Lorentsz di Mapenduma.  

Prabowo dan pasukannya memang sengaja memilih homebase untuk distribusi logistik dan kelengkapan proses pembebasan sandera Mapenduma di Timika, karena jaraknya yang lebih dekat dari Mapenduma.

Secara kebetulan, ada dua kejadian berbeda di Timika dan tak ada kaitannya dengan keberadaan Prabowo di Timika.

Saat itu, masyarakat dari wilayah pegunungan Timika yakni Suku Amungme dan masyarakat di pesisir pantai, Suku Komoro marah kepada Freeport karena tak ada kompensasi apapun kepada masyarakat setempat.

Aksi unjuk rasa masyarakat itu pun pecah  yang disebabkan salah satu pendemo terjatuh dari mobil pick up dan meninggal dunia.  Masyarakat marah hingga akhirnya terjadi kerusuhan, mulai dari Tembagapura hingga ke Kota Timika.

Dalam kejadian itu, massa hampir membakar Bandara Timika yang kebetulan menjadi homebase Prabowo dan pasukannya.

Kata Nurman, untuk mengendalikan kekacauan itu, Prabowo meminta masyarakat tenang dan tak melanjutkan aksinya.

Malam harinya, Prabowo mulai mencari penyebab kerusuhan di Timika. Disitulah, Prabowo mendatangi rumah Norman dan mencari sang ayah, yang dianggap sebagai seseorang yang dapat dipercaya untuk mengumpulkan tokoh Komoro, dengan latar belakang sang istri berasal dari suku dari Komoro.

Almarhum Aman Sugianto pun memfasilitasi Prabowo dan bertemu sejumlah tokoh adat dan kepala suku Komoro. Sejumlah permintaan dari masyarakat diminta dari hasil pertemuan itu, mulai dari penutupan Freeport, pemekaran, pembuatan pelabuhan, pembayaran royalti Freeport hingga Papua ingin merdeka.

Kata Nurman, saat itu Prabowo memastikan bahwa apapun bisa disampaikan kepada Presiden yang saat itu dijabat oleh Soeharto, kecuali aspirasi merdeka.

Usai pertemuan, Prabowo membawa aspirasi masyarakat Timika untuk selanjutnya diserahkan kepada Presiden Soeharto.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2VDo6lZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Prabowo Mendatangi Suku Komoro Papua"

Post a Comment

Powered by Blogger.