Search

KPU Indramayu Pastikan Pemilu Tetap Berjalan Meski Banjir

Sementara itu, ruas jalan yang dibongkar kurang lebih 200 meter itu. Langkah itu dilakukan untuk mengatasi banjir yang menyergap sejumlah daerah di Kabupaten Indramayu dalam beberapa hari terakhir.

"Kami berharap banjir bisa secepatnya surut," kata Kapolres Indramayu, AKBP M Yoris MY Marzuki.

Pembongkaran dilakukan setelah dilakukan rapat darurat oleh unsur muspida, di lokasi jalan di Desa Pagirikan tersebut. Jalan beraspal yang telah dibangun sejak kurang lebih 25 tahun yang lalu itu kini sudah tidak lagi menjadi akses utama karena diatasnya telah dibangun jalan layang.

Ruas jalan tersebut semula dibangun untuk menghubungkan wilayah Kecamatan Indramayu dengan Kecamatan Pasekan. Namun, pembangunan jalan itu dilakukan dengan mematikan aliran sungai Cimanuk Lama yang menuju ke laut.

Dampaknya, saat debit sungai Cimanuk tinggi, air yang seharusnya menuju ke laut jadi meluap ke wilayah perkotaan.

BPBD Kabupaten Indramayu mencatat, terdapat 8.271 unit rumah warga di 19 desa itu yang terendam air dengan ketinggian bervariasi hingga lebih dari satu meter.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Happy Mulya, mengatakan, selain membongkar jalan di Desa Pagirikan, dia memerintahkan jajarannya untuk mendistribusikan mesin pompa ke sejumlah lokasi di wilayah yang tergenang.

Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi genangan air yang saat ini masih tinggi di sejumlah lokasi. Dia mengatakan, beberapa penyebab banjir di Indramayu karena usia sejumlah tanggul di sungai Cimanuk juga sudah cukup tua.

Selain itu, tak sedikit yang kondisinya juga rusak, seperti bocor dan posisinya turun, sehingga air mudah meluap dan merembes.

"Air yang digelontorkan dari Bendung Rentang ke sungai Cimanuk sebanyak 1.000 meter kubik per detik. Sedangkan kapasitas sungai Cimanuk, mencapai 1.200 meter kubik," sebut dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Banjir di Kabupaten Indramayu merendam ribuan rumah di lima kecamatan

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2UccVip

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Indramayu Pastikan Pemilu Tetap Berjalan Meski Banjir"

Post a Comment

Powered by Blogger.