Search

Merasa Lalai, Menteri Olimpiade Jepang Mundur dari Jabatannya

Liputan6.com, Tokyo - Menteri Olimpiade Jepang, Yoshitaka Sakurada, secara resmi menyatakan mundur dari jabatannya pada Rabu, 10 April 2019.

Alasan Sakurada memutuskan hal itu lantaran ia merasa mendapat tekanan besar atas serangkaian kelalaian yang dia lakukan terhadap negaranya, termasuk upaya pemulihan di wilayah Tohoku yang rusak akibat gempa dan tsunami pada 2011 lalu.

"Saya benar-benar minta maaf karena membuat pernyataan yang dapat menyinggung korban atau keluarga mereka," tuturnya kepada wartawan di Kantor Perdana Menteri setelah bertemu dengan Shinzo Abe.

"Saya merasa harus bertanggung jawab dan menyerahkan pengunduran diri saya," imbuhnya, sebagaimana dilansir Japan Times, Kamis (11/4/2019).

Sakurada adalah sosok yang diberikan amanah untuk penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Jepang, yang rencananya akan diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2020 mendatang.

Pengakuan kekhilafan dari politisi 69 tahun itu dinyatakan ke publik dalam kurun kurang dari seminggu setelah salah seorang wakil menteri senior di kementerian pertanahan, Ichiro Tsukada, menyatakan bahwa Sakurada telah 'menyeleweng' dari kepentingan konstituensi Abe atas proyek pembangunan sebuah jalan raya.

Sakurada adalah menteri kabinet kedelapan yang mengundurkan diri sejak Shinzo Abe kembali terpilih menjadi Perdana Menteri Jepang pada 2012.

Setelah menerima surat pengunduran diri dari Sakurada pada Rabu malam, Abe menyatakan penyesalannya atas apa yang disampaikan oleh Sakurada .

"Saya ingin meminta maaf sebagai perdana menteri," kata Abe. "Saya adalah orang yang telah mengangkatnya."

Menurut sebuah sumber yang akrab dengan permasalahan ini, Abe akan menunjuk Shunichi Suzuki, pendahulu Sakurada, sebagai menteri Olimpiade berikutnya.  

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2VCLqjw

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Merasa Lalai, Menteri Olimpiade Jepang Mundur dari Jabatannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.