Search

Rahasia Petani Purbalingga Pertahankan Surplus Beras

"Penyusutan sebesar 10,49 persen. Jadi, produksi netto beras 159.171 ton. Sedangkan, kebutuhan beras untuk masyarakat Purbalingga selama satu tahun sebanyak 89.373 ton, surplus 69,798 ton," dia menerangkan.

Rupanya, ada rahasia kenapa produksi gabah dan beras petani di Purbalingga terus menanjak naik. Rahasianya adalah teknik tanam dan pemilihan varietas padi yang tahan wereng dan hama lainnya.

Sebab itu, pada 2019 ini, Dinas Pertanian Purbalingga mendorong petani untuk menanam varietas unggul untuk mempertahankan surplus beras pada 2018. Salah satu yang direkomendasikan adalah verietas Inpari.

Lily mengatakan salah satu faktor yang menyebabkan Purbalingga bisa surplus beras adalah penerapan teknik tanam yang baik dan pemilihan varietas padi. Selain berproduksi bagus, varietas yang ditanam juga tahan serangan wereng.

"Tahun kemarin serangan wereng cukup banyak. Namun, petani kita juga sudah mulai pintar dengan menanam varitas inpari yang tahan wereng, tahun 2019 pun sama," dia mengungkapkan.

Tahun 2019 ini, luas tanam padi pada masa tanam pertama (MT 1) periode Oktober 2018 sampai Maret 2019 telah mencapai 19.975 hektare. Jumlah ini mencapai 43,67 persen dari target luas tanam dari Kementerian Pertanian pada periode Oktober 2018 sampai September 2019 yaitu 45.733 hektare.

Ia uga mengimbau agar petani mempercepat musim tanam. Pasalnya, pada Juni mendatang Purbalingga sudah memasuki musim kemarau. Harapannya, saat kemarau tiba, tanaman padi sudah cukup resisten tercekam cuaca kering.

"Juni diprediksi masuk kemarau, nanti setelah panen juga dilakukan gerakan gropyokan.untuk mengatisipasi serangan hama tikus," jelasnya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan petani perlu menerapkan teknis intensifikasi pertanian. Sebab, luasan lahan pertanian, khususnya di pulau Jawa selalu terjadi tiap tahun. Karenanya, perluasan lahan pertanian mustahil dilakukan di Jawa.

"Dengan bantuan alsintan dan bantuan rehabilitasi irigasi ini diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Purbalingga," ucap bupati.

Saksikan video pilihan berikut:

Wereng Hanguskan Tanaman Padi dalam Semalam

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2IlOQnL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rahasia Petani Purbalingga Pertahankan Surplus Beras"

Post a Comment

Powered by Blogger.