Search

Ratusan WNI Menggunakan Hak Suara di Ujung Selatan Benua Afrika

Liputan6.com, Pretoria - PPLN Pretoria, dibantu oleh KPPSLN Pretoria pada hari Sabtu, 13 April 2019, telah melaksanakan kegiatan pemungutan suara Pemilu2019 bagi WNI di Afrika Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat di lingkungan gedung KBRI Pretoria tersebut telah berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

Pada pemilu kali ini, tercatat sejumlah 115 WNI telah menggunakan hak suaranya, dengan rincian DPTLN sebanyak 83 orang; DPTbLN (tambahan luar negeri) sebanyak 8 orang; dan DPK (khusus) sebanyak 24 orang.

Mayoritas pemilih merupakan WNI yang telah lama tinggal di Afrika Selatan dan menikah dengan warga setempat.

Selain itu, beberapa tenaga kerja profesional dan kelompok santri asal Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di pesantren Afrika Selatan juga tercatat turut menggunakan hak pilihnya.

Setelah berakhirnya waktu pemungutan suara pada pukul 16.00 waktu setempat, KPPSLN melakukan penyegelan kotak suara yang disaksikan oleh Duta Besar RI Pretoria dan warga masyarakat.

Guna menjaga keamanan, kotak suara disimpan dalam ruangan terkunci dan dilengkapi dengan CCTV di KBRI Pretoria, untuk selanjutnya dilakukan penghitungan suara serentak pada tanggal 17 April 2019, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Domisili WNI yang masuk ke dalam daftar pemilih PPLN Pretoria tersebar luas di seluruh wilayah kerja KBRI Pretoria, yaitu Afrika Selatan (Provinsi Gauteng, KwaZulu-Natal, Limpopo dan Free State); Botswana; Eswatini/Swaziland; dan Lesotho.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2VHuCIc

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan WNI Menggunakan Hak Suara di Ujung Selatan Benua Afrika"

Post a Comment

Powered by Blogger.