Search

Rayakan HUT AL, China Undang Belasan Negara Ikut Parade Kapal Perang

Liputan6.com, Beijing - Kapal perang dari sejumlah negara, termasuk India dan Australia tiba di kota pelabuhan China timur Qingdao pada Minggu, 21 April 2019. Mereka hendak melaksanakan parade angkatan laut.

Parade itu diselenggarakan menyusul hari jadi ke-70 tahun angkatan laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang jatuh pada Selasa, 16 April 2019. Dalam kesempatan itu, Beijing mengundang belasan negara untuk memamerkan kapal perang masing-masing mengutip The Straits Times, Minggu (21/4/2019).

Negeri Tirai Bambu sendiri akan memamerkan kapal selam nuklir, kapal perusak, serta sejumlah kapal perang yang lain.

Menariknya, acara tersebut menjadi ajang pertemuan China dengan India, yang telah berselisih dalam sejumlah kasus. Misalnya masalah perbatasan darat dan diketahuinya dukungan Beijing untuk Pakistan --rival geo-politik New Delhi.

New Delhi dalam kesempatan ini akan melakukan demonstrasi angkatan laut, dengan kapal perusak berpeluru-kendali rudal "INS Kolkata" dan kapal pasokan.

"Kami membawa salah satu kapal terbaik yang telah kami buat. Ini adalah kebanggaan bangsa dan angkatan laut, dan kami sangat senang berada di sini," kata Kapten India Aditya Hara.

Untuk mencapai Qingdao, pasukan India telah berlaya melalui Selat Taiwan. Sebuah jalur sensitif yang memisahkan kedaulatan Chinadengan Taiwan.

"Kami sangat senang telah difasilitasi oleh Angkatan Laut PLA dan mereka memastikan bahwa kami melalui jalur yang aman ke Qingdao," lanjut Kapten Hara.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2UA6tCg

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rayakan HUT AL, China Undang Belasan Negara Ikut Parade Kapal Perang"

Post a Comment

Powered by Blogger.