Search

Saat Komisioner KPU RI Berharap Pemilu Serentak yang Pertama dan Terakhir

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemilu 2019 telah mengukir sejarah pemilu di Indonesia melalui pemilu serentak. Lima kertas surat suara diberikan langsung kepada pemilih sampai muncul pendapat pemilu ini merupakan pemilihan terumit di dunia.

"Menurut saya, pemilu serentak semacam ini untuk pertama kalinya dan cukup sekali ini saja," ujar Pramono Ubaid Tanthowi, Komisioner KPU RI memulai perbincangannya dalam sarasehan refleksi pemilu bertajuk Mengulik Dinamika Pemilu 2019 di Digilib Cafe Fisipol UGM, Jumat (26/4/2019).

Ia menilai penyelenggaraan pemilu serentak 2019 sudah melebihi batas kemampuan manusia Indonesia. Secara fisik, pemilu serentak mengakibatkan 255 petugas KPPS meninggal dan1.470 petugas KPPS sakit. Kemungkinan, jumlah ini bisa bertambah.

Di sela-sela sarasehan, ia juga mengajak hadirin untuk berdoa bersama-sama, mendoakan petugas KPPS yang meninggal. KPU juga mengupayakan pemberian santunan.

"Sebenarnya saya tidak tega kalau berbicara seperti ini," tutur Pramono.

Ia berpendapat teknis penyelenggaraan pemilu serentak yang memicu jatuhnya petugas KPPS sebagai korban. Pemilu dengan lima surat suara sekaligus membuat petugas KPPS membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan proses pemungutan dan penghitungan suara, termasuk menyalin dari plano ke C1 kuarto.

Pramono membandingkan pada Pemilu 2014 menerapkan empat surat suara dan  sebagian besar TPS menyelesaikan proses melewati waktu tengah malam. Jadi, secara otomatis waktu yang jauh lebih panjang dibutuhkan untuk pemilu kali ini.

Ia menyebutkan dalam pemilu kali ini KPU mengurangi jumlah maksimal pemilih per TPS dari 500 menjadi 300 orang menjadi 300. Akibatnya, jumlah TPS dan anggaran membengkak.

"Banyak petugas yang akhirnya tidak sanggup secara fisik, proses penghitungan suara pemilu harus selesai hari itu dan menunggu pun dalam keadaan tegang," kata Pramono.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2WdDbLa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saat Komisioner KPU RI Berharap Pemilu Serentak yang Pertama dan Terakhir"

Post a Comment

Powered by Blogger.