Search

Semarak Demokrasi di Pesisir Kalimantan

Liputan6.com, Palangka Raya - Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala. Suatu wilayah yang terletak 254 kilometer dari Kasongan, Ibu Kota Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Wilayah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sisi selatan itu pun juga hanya bisa diakses menggunakan transportasi air karena tidak tersedianya jalur darat.

Ada dua jalur utama yang biasa digunakan warga setempat untuk menuju ibu kota kabupaten. Pertama, jalur sungai dalam kabupaten.

Di jalur ini, warga Kecamatan Katingan Kuala, dari dermaga di desa Pegatan harus menempuh perjalanan 7-8 jam menggunakan kapal menyusuri aliran sungai Katingan hingga di pelabuhan di Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan.

Biaya yang dikeluarkan antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah jika menyewa longboad dengan kapasitas maksimal 18 orang sekali jalan.

Perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan mobil travel sekitar dua jam menuju ibu Kota Kasongan yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Katingan dilansir Antara.

Sementara jalur kedua yang juga lebih diminati warga Kecamatan Katingan Kuala ketika menuju ibu kota kabupaten yakni memutar melewati Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dari dermaga yang sama, warga desa harus menaiki perahu dengan harga tiket 150.000 per orang menuju dermaga di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dengan lama perjalanan 4-5 jam.

Perjalanan ini pun dilakukan dengan melewati Sungai Katingan kemudian memotong aliran sungai memanfaatkan saluran air menuju Sungai Mentaya hingga akhirnya tiba di dermaga Sampit.

Perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan jalur darat, menggunakan mobil travel sekitar tiga jam untuk sampai di Ibu Kota Kabupaten Katingan dengan biaya sekitar Rp60.000 per orang.

Kecamatan Katingan Kuala sendiri terdiri dari dua Desa yakni Pagatan Hilir Pagatan Hulu dan 14 kelurahan yakni Bakung Raya, Bumi Subur, Jaya Makmur, Kampung Baru, Kampung Melayu, Kampung Tengah, Makmur Utama, Mangun Jaya, Sebangau Jaya, Selat Baning, Setia Mulia, Singam Raya, Subur Indah dan Sungai Kaki.

Akses dari ibu kota kecamatan menuju desa dan kelurahan itu pun sebagian besar harus dilakukan menggunakan jalur sungai. Bahkan dua wilayah harus dijagkau dengan menyisir tepi laut selama kurang lebih 2-3 jam yakni Desa Sebangau Jaya dan Sungai Kaki.

Tinggi gelombang dan ancaman cuaca buruk lah yang menjadi kewaspadaan lebih bagi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan untuk mencapai dua desa itu dalam pelaksanaan pemilihan umum 2019.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2X8h6xx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Semarak Demokrasi di Pesisir Kalimantan"

Post a Comment

Powered by Blogger.