Search

Tak Diketahui Sebelumnya, Spesies Baru Manusia Ditemukan di Filipina

Arkeogeokimia Rainer Grun dari Griffith University melakukan penanggalan pada tulang belulang tersebut menggunakan uranium-thorium. Diduga mereka berasal dari lebih dari 50.000 tahun lalu.

"Ini adalah spesies hominid yang benar-benar baru," Grun mengatakan kepada ScienceAlert dalam surat elektronik.

Semua fosil berukuran mungil, menunjukkan bahwa mereka adalah spesies kerdil seperti Homo floresiensis, lebih dikenal sebagai "hobbit" yang ditemukan di Flores pada tahun 2004 silam.

Sayangnya, ekstraksi DNA dari fosil-fosil baru itu tidak berhasil, sehingga belum ada cukup bukti untuk menentukan di mana letak Homo luzonensis dalam silsilah keluarga hominin.

"Dengan mempertimbangkan semua pengetahuan informasi yang kita miliki hari ini tentang catatan fosil prasejarah dan hominin di Asia, dan usia Homo luzonensis, menurut saya mereka adalah keturunan dari beberapa Homo erectus orang-orang Asia, mungkin Homo erectus ras China," Grun menjabarkan.

Kehadiran Homo luzonensis di Asia timur, selama Pleistosen akhir (126.000 hingga 11.700 tahun lalu), dan kemiripan sifat Australopithecus pada rangka mereka, merunyamkan teori bahwa gelombang pertama hominin dari Afrika adalah Homo erectus, diikuti selanjutnya oleh Homo sapiens yang hidup pada 40-50 ribu tahun yang lalu.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2Vzscv3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Diketahui Sebelumnya, Spesies Baru Manusia Ditemukan di Filipina"

Post a Comment

Powered by Blogger.