Search

Mengenal Kalender Komunitas Banokeling yang Rayakan Idul Adha Kamis Pekan Depan

Liputan6.com, Banyumas - Sebagaimana umat muslim lainnya, Rabu, 22 Agustus 2018 ini, masyarakat di Pekuncen Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah sedang berbahagia menyambut hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

Pun dengan kelompok kejawen, Komunitas Banokeling, yang berada di Desa Pekuncen. Mereka pun turut merayakan dan membantu penyembelihan hewan kurban, serta membagikannya ke masyarakat.

Namun sebagai kelompok masyarakat adat Kejawen, mereka memiliki ritual Idul Adha sendiri. Ritual Idul Adha oleh komunitas Banokeling disebut sebagai Perlon atau Bada Besar atau lebaran Besar, menunjukkan perbedaan dengan lebaran Idul Fitri yang tiba di bulan Syawal.

Besar adalah sebutan penanggalan Jawa untuk bulan Haji atau Aji. Hampir sama dengan perayaan Idul Adha umat muslim lainnya, komunitas Kejawen ini pun memotong hewan kurban, yang disebut sebagai Perlon.

Juru Bicara Tetua Komunitas Banokeling, Sumitro menerangkan, dalam tradisi Banokeling, anggota komunitas Banokeling, yang biasa disebut Anak Putu Banokeling, baru akan menggelar tradisi Perlon pada Kamis pasaran Pahing. Kamis Pahing tiba pada Kamis pekan depan, 30 Agustus 2018.

Dalam penanggalan yang dipakai komunitas Kejawen, tahun ini adalah tahun Dal. Maka Idul Adha atau Perlon tiba pada hari Kamis Pahing. Adapun tanggalnya mengikuti hari yang menjadi dasar perhitungan, tanggal 17 bulan Besar.

"Banokeling sendiri kegiatan tradisinya kan Kamis depan. Di sini kan pakainya bukan tanggal, melainkan hari terus," Sumitro menerangkan kepada Liputan6.com.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Saksikan video menarik berikut ini:

Menilik Ritual Salat Idul Fitri Penganut Islam Aboge di Banyumas

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Bzj0kW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Kalender Komunitas Banokeling yang Rayakan Idul Adha Kamis Pekan Depan"

Post a Comment

Powered by Blogger.